5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Penetration Testing

Pelanggaran kemanan profile tingkat tinggi sering terjadi dan menghiasi berbagai media belakangan ini. Sebut saja kebocoran data dan atau situs-situ pemerintahan yang diretas. Tren ini menunjukkan bahwa semakin banyak bisnis yang berada dalam risiko. Bisnis tumbuh bersama dengan kompleksitas, sementara hacker secara aktif mencoba mengembangkan serangan baru yang lebih canggih setiap harinya.

Memiliki perangkat lunak anti-virus dan firewall, serta mengasumsikan bahwa bisnis Anda aman, tidak lah cukup. Bisnis modern membutuhkan pendekatan canggih untuk keamanan dan due diligence. Bisnis perlu menguji ketahanannya terhadap ancaman keamanan siber dan membangun mekanisme pertahanan yang paling efektif, juga strategi remediasi.

Untuk menguji apa dan bagaimana hacker memperoleh akses ke aset bisnis Anda, Anda memerlukan layanan pengujian penetrasi professional (professional penetration testing).

Baca terus untuk mengetahui lima alasan mengapa pentesting penting untuk kesehatan dan keamanan organisasi Anda.

Mengungkap Kerentanan Sistem Sebelum Para Hacker Melakukannya

Cara paling pasti untuk mengukur tingkat keamanan Anda adalah dengan mempelajari cara meretasnya. Penetration testing menawarkan kemampuan untuk menguji dengan aman ketahanan sistem Anda terhadap upaya peretasan eksternal. Penetration testing meniru tindakan pengganggu potensial dengan mencoba mengeksploitasi kerentanan yang disebabkan oleh kesalahan kode, bug perangkat lunak, pengaturan yang tidak aman, kesalahan konfigurasi layanan, dan / atau kelemahan operasional.

Perbedaan utama antara penetration testing dan hacking yang sebenarnya terletak pada cara yang aman dan terkontrol. Penetration testing menyimulasikan skenario serangan nyata dan mengeksploitasi kerentanan hanya untuk menunjukkan potensi bahaya dari upaya hacking. Selain itu, perusahaan dapat menentukan terlebih dahulu ruang lingkup dan waktu penetration testing, juga ada pemberitahuan terkait eksploitasi yang akan dilakukan.

Bisnis dan atau organisasi biasanya melakukan penetration testing segera setelah pemasangan infrastruktur dan aplikasi baru, atau setelah pengenalan perubahan besar pada infrastruktur (mis. Perubahan aturan firewall, pembaruan firmware, tambalan, dan peningkatan perangkat lunak). Layanan ini dapat membantu mengidentifikasi dan memvalidasi celah keamanan potensial dalam sistem TI mereka sebelum penjahat cyber dapat memanfaatkannya.

Menghemat Biaya Remediasi dan Mengurangi Downtime Jaringan

Proses pemulihan dari pelanggaran keamanan dapat merugikan bisnis Anda jutaan atau bahkan miliaran termasuk pengeluaran untuk program perlindungan pelanggan, denda peraturan, dan hilangnya pengoperasian bisnis. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa biaya rata-rata pelanggaran data secara global pada tahun 2018 adalah $ 3,86 juta, yang 6,4% lebih tinggi dibandingkan dengan hasil tahun 2017. Oleh karena itu, mengembalikan semuanya ke jalur yang benar dan menjalankannya akan memerlukan investasi besar, langkah-langkah keamanan lanjutaan, dan berminggu-minggu waktu untuk pemulihan.

Penetration testing adalah solusi proaktif untuk mengidentifikasi area kelemahan terbesar dalam sistem TI Anda dan untuk mencegah bisnis Anda dari kerugian finansial dan reputasi yang serius. Namun, untuk memastikan kelangsungan bisnis Anda, Anda perlu melakukan tes penetrasi rutin setidaknya sekali atau dua kali setahun.

Analis keamanan profesional dapat memberi tahu Anda tentang frekuensi minimum penetration testing yang diperlukan sesuai dengan spesifik domain bisnis Anda dan infrastruktur TI. Selain itu, mereka dapat memberi nasihat tentang prosedur dan investasi yang diperlukan yang bertujuan untuk membangun lingkungan yang lebih aman di dalam organisasi Anda.

Mengambangakan Tindakan Keamanan yang Efisien

Hasil ringkasan penetration testing sangat penting untuk menilai tingkat keamanan sistem TI Anda saat ini. Mereka dapat memberikan informasi mendalam kepada manajemen puncak terkait celah keamanan yang teridentifikasi, aktualitas mereka serta dampak potensial pada fungsi dan kinerja sistem. Pentration tester berpengalaman juga akan memberi Anda daftar rekomendasi untuk pemulihan berdasarkan waktu dan tingkat keseriusan. Mereka juga akan membantu Anda mengembangkan sistem keamanan informasi yang dapat diandalkan dan memprioritaskan investasi keamanan siber masa depan Anda.

Namun, sebelum melakukan pentest, pastikan perusahaan patner Anda menggunakan metodologi terkemuka dunia, seperti ISECOM OSSTMM3, NIST SP800-115, PTES dan OWASP, dan bahwa spesialisnya bersertifikat dan kompeten. Meskipun penetration testing mungkin melibatkan penggunaan alat otomatis, fokusnya masih pada keterampilan manual, pengetahuan profesional dan pengalaman pengujian.

Mengaktifkan Kepatuhan dengan Peraturan Keamanan

Tidak diragukan lagi, penetration testing memainkan peran penting dalam melindungi bisnis dan aset berharga dari pengganggu potensial. Namun, manfaat pentest jauh melampaui jaringan dan keamanan data.

Pentest yang teratur dapat membantu Anda mematuhi peraturan keamanan yang ditentukan oleh standar keamanan terkemuka, seperti PCI, HIPAA dan ISO 27001, dan menghindari denda berat yang terkait dengan ketidakpatuhan. Standar-standar ini mengharuskan manajer perusahaan dan pemilik sistem untuk melakukan tes penetrasi reguler dan audit keamanan dengan bantuan analis keamanan profesional.

Misalnya, standar PCI DSS (Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran) mensyaratkan organisasi yang menangani volume transaksi yang besar untuk melakukan pengujian penetrasi tahunan dan reguler (setelah perubahan sistem apa pun). Terlebih lagi, laporan terperinci yang dihasilkan dari tes penetrasi dapat membantu organisasi meningkatkan kontrol keamanan mereka dan menggambarkan uji tuntas yang berkelanjutan kepada penilai.

Mempertahankan Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan

Serangan keamanan dapat membahayakan data sensitif Anda, yang menyebabkan hilangnya pelanggan tepercaya dan kerusakan reputasi yang serius. Penetration testing dapat membantu Anda menghindari pelanggaran keamanan yang merugikan dan mempertaruhkan reputasi organisasi dan loyalitas pelanggan. Selain itu, pentest dapat terus dikembangkan baik waktu dan kompleksitasnya jika sistem membutuhkan ruang lingkup tambahan. Ini juga dapat dilakukan dengan mengombinasikan dengan pemindaian kerentanan untuk memberikan wawasan yang lebih bermakna tentang kerentanan dan titik-titik pelanggaran potensial dalam infrastruktur TI Anda.

Secara keseluruhan, hanya penetration testing yang dapat membuat penilaian realistis terkait “kesehatan” perusahaan Anda dan ketahanannya terhadap serangan dunia maya. Pentest dapat menunjukkan seberapa sukses atau gagalnya suatu serangan jahat pada infrastruktur TI perusahaan Anda. Selain itu, ini dapat membantu Anda memprioritaskan investasi keamanan Anda, mematuhi peraturan industri dan mengembangkan mekanisme pertahanan yang efisien sehingga bisnis Anda akan terlindungi dari penyusup dalam jangka panjang.

Pentester terpercaya

Jika Anda membutuhkan seorang pen tester berpengalaman, jangan ragu untuk menghubungi kami. ITGID memiliki ahli pentester dengan metode yang diakui secara internasional. Anda juga bisa mengikuti pelatihan pentration testing yang  akan kami lakukan pada tanggal 28-1 November 2019.

penetration testing

Baca Juga :

Penetration Testing Mutlak diperlukan Perusahaan

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?