6 Juta Orang Inggris Tidak Pernah Pakai Internet?

Jika membayangkan negara maju seperti Inggris, paling tidak kita akan berpikiran warganya sangat maju dalam aspek teknologi. Nyatanya tidak.

Laporan pemerintah Britania yang dipaparkan di House of Commons by the Science and Technology Committee baru-baru ini menunjukan bahwa sebanyak 5,8 juta orang tidak pernah menggunakan Internet.

Selain itu, tercatat 12,6 juta orang dewasa yang kekurangan pengetahuan dasar tentang dunia digital dan penggunaan komputer.┬áData tersebut kemudian dianggap sebagai peringatan bahwa Inggris sedang dilanda “krisis digital” serius yang bisa menghancurkan produktivitas dan daya saing ekonomi.

“Meski Inggris memimpin sektor teknologi di Eropa, kami perlu mengambil tindakan konkret untuk menghindari kemunduran,” ucap pimpinan komite Nicola Blackwood, seperti dikutip dari International Business Times.

Ia melanjutkan, “kami juga perlu memastikan tenaga kerja masa depan telah lulus sekolah atau universitas dengan kemampuan digital sesuai harapan.”

Di dalam laporan tersebut juga mengulas tentang tuntutan pekerjaan sebanyak 90 persen yang mengharuskan kandidat memiliki kemampuan digital, di mana 72 persen perusahaan tidak bersedia melakukan wawancara apabila kandidat tidak memiliki keterampilan dasar komputer.

Dari situ, diperkirakan Inggris membutuhkan sekitar 745 ribu tenaga kerja tambahan yang memenuhi kriteria tersebut. Jika tidak, tentu saja lowongan pekerjaan itu bisa jatuh ke tangan pekerja asing.

Lalu beralih ke edukasi digital, saat ini ditemukan 22 persen perlengkapan teknologi informasi di sekolah-sekolah sudah tidak bisa beroperasi secara efektif, serta hanya 35 persen guru ilmu komputer yang mengantongi pendidikan relevan.

Pemerintah dan komite setempat kemudian merancang sejumlah perbaikan untuk membenahi masalah krisis digital negerinya.┬áNantinya keterampilan digital akan menjadi salah satu komponen pokok di semua program magang tanpa melihat apakah bidang tersebut melibatkan komputer dan teknologi secara langsung atau tidak.┬áPemerintah juga akan berupaya agar semua universitas akan menyediakan sarana ‘wejangan’ karir yang berbau digital dan mahasiswa bisa mendapat pelajaran soal coding.

Sumber berita: cnnindonesia.com
Sumber foto: 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?