7 Tren Teknologi di tahun 2019

 

Hidup adalah sebuah transisi. Semua yang di sekitar kita menjadi lebih cerdas, dari PC hingga teknologi di ruang rapat, bahkan sampai bohlam lampu. Sebagai manusia dan bagian dari masyarakat, kita beradaptasi dan mengubah cara dalam menggunakan teknologi, baik di tempat kerja atau pun di rumah. Banyak kemajuan teknologi pada akhirnya menciptakan sesuatu yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup kita. Di 2019, konektivitas tanpa batas, otomatisasi sepenuhnya, dan realitas yang diperluas, akan terasa semakin dekat, memperluas cakrawala dan membentuk cara manusia memanfatkan teknologi cerdas saat terjadinya intelligent transformation. Di aspek bisnis, agar dapat bersaing di dunia bisnis, kita harus memahami apa saja tren teknologi saat ini dan apa yang dimaksud dengan masing-masing tren tersebut. Mari kita simak 7 Tren Teknologi di tahun 2019 berikut ini :

1.Artificial Intelligence(AI)

Pada beberapa tahun terakhir ini, AI memang sudah menjadi tren IT yang tidak asing lagi. Artificial Intelligence, atau AI, mengacu pada sistem komputer yang dibangun untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas seperti recognition of imagesspeech or patterns dan decision making.

AI diketahui dapat melakukan tugas-tugas ini lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia.

2. Machine Learning

Machine Learning adalah bagian dari AI. Dengan Machine Learning, komputer diprogram untuk belajar melakukan sesuatu yang tidak diprogram: Machine learning benar-benar belajar dengan menemukan pola dan wawasan dari data.

Aplikasi Machine Learning itu sendiri digunakan untuk data analyticsdata mining, dan pattern recognition. Pada bagian konsumen, Machine Learning memberdayakan hasil pencarian web, real-time ads dan network intrusion detection.

tren teknologi 2019

3. Robotic Process Automation or RPA

Seperti AI dan Machine Learning, tren Robotic Process Automation atau RPA, adalah teknologi lain yang mengotomatisasi pekerjaan. RPA adalah penggunaan software untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, berurusan dengan data, dan bahkan membalas email.

tren teknologi 2019

4. Blockchain

Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi Blockchain berkaitan dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, namun blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya.

Keamanan yang ditawarkan oleh blockchain terbilang tinggi. Hal tersebut mengapa blockchain digunakan untuk cryptocurrency, dan mengapa blockchain dapat memainkan peran penting dalam melindungi informasi seperti data medis pribadi.

tren teknologi 2019

5.Virtual Reality and Augmented Reality

Virtual Reality (VR) dikenal sebagai teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, sementara Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu yang nyata.

Meskipun sejauh ini VR terutama telah digunakan untuk industri gaming, namun VR telah digunakan juga untuk pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi VirtualShip, simulation software used yang digunakan untuk melatih kapten Angkatan Laut AS, Angkatan Darat dan Coast Guard ship captains.

Sedangkan untuk Pokemon Go yang sudah populer akhir-akhir ini adalah salah satu contoh dari AR. VR maupun AR memiliki potensi besar dalam segi pelatihan, hiburan, pendidikan, dan hal-hal lainnya.

Ada beberapa pemimpin pasar VR yang diketahui saat ini, seperti Google, Samsung, dan Oculus.

6.Cyber Security

Cyber security juga diketahui sebagai salah satu tren teknologi di tahun 2019 nanti. Cyber security dikenal sebagai keamanan informasi yang diaplikaskan pada komputer dan jaringan. Hal ini bertujuan untuk membantu user dalam mencegah adanya penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem berbasis informasi.

tren teknologi 2019

7.Internet of Things

Banyak hal saat ini dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti pengguna dapat terhubung ke internet satu sama lain. Oleh karena itu, Internet of Things atau IoT memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga (home appliances), mobil dan banyak lagi untuk dapat terhubung dan bertukar data melalui internet.

Setelah memahami apa saja yang menjadi tren saat ini dalam bidang teknologi yang membawa perubahan pada semua aspek, hal yang harus dilakukan adalah belajar dari pengguna melalui teori dan model pembelajaran baru yang membahas tidak hanya perubahan teknologi tetapi juga perubahan perilaku manusia. Perusahaan perlu memahami tenaga kerja multi-generasi mereka, untuk mengelola dan melindungi perangkat dengan lebih baik serta mengembangkan protokol dan praktik keamanan yang kuat.

BACA JUGA : 

Mengapa penjahat cyber menginginkan data Anda ? Waspada Jika Gadget Anda Hilang

“Phishing” Selalu waspada terhadap lampiran email yang mencurigakan !

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat