Apa Itu Masterplan Serta Best Practicenya

Di zaman sekarang, dengan adanya gempuran generasi millennial dan pandemi COVID-19 penggunaan teknologi meningkat secara drastis. Pelaku bisnis yang terlambat mengantisipasi ketiga factor ini akan mengalami kerugian ratusan juta rupiah hingga dipaksa harus gulung tikar. Tapi, banyak pula bisnis yang mampu meroket naik hingga mencapai best performancenya.

Sebagai TOP Level Management, tentu Anda memilih mampu mengendarai teknologi untuk  mencapai bisnis goals Anda daripada harus menjadi akan perubahan ini. Namun, proses adopsi teknologi bukanlah hal yang mudah. Adopsi Teknologi harus direncanakan secara rinci dan direview secara berkala. Proses perencanaan dan review tersebut dibahas tuntas dalam IT Masterplan.

Apa itu IT Masterplan?

Apa itu IT Masterplan? Dalam pengertiannya IT Masterplan adalah rencana adopsi Teknologi sebagai Enabler untuk menggapai Goals dari bisnis tersebut.  IT Masterplan dirancang untuk membantu Anda memetakan perbaikan yang diperlukan, menstdarisasi inisiatif-inisiatif tim Anda, memprioritaskannya selaras dengan tujuan dan nilai perusahaan Anda. Proses perencanaan ini akan membantu meminimalkan krisis terkait teknologi, mengoptimalkan alokasi sumber daya, mengelola perubahan, dan meningkatkan ROI secara keseluruhan.

Manfaat IT Masterplan untuk Bisnis Anda

Apabila sebuah organisasi memiliki IT Masterplan, maka segala tujuan dan rencana jangka panjang akan lebih terarah dan target pun akan tercapai dengan baik. Oleh karena itu, penerapan dari strategi IT Masterplan  sangat penting, karena

  • Penerapan strategi teknologi informasi yang selaras mampu mengidentifikasi di bagian manakah teknologi informasi bisa berkontribusi paling besar, sehingga sebuah organisasi mampu memutuskan prioritas dari sebuah investasi TI.
  • Mendapatkan keuntungan yang kompetitif dari peluang bisnis yang sudah direncanakan menggunakan TI.
  • Anggaran yang dikeluarkan jauh lebih efektif dan juga membangun infrastruktur TI yang mudah disesuaikan dengan rencana masa depan.
  • Mengembangkan sumber daya yang tepat dan kompeten untuk menyebarkan strategi teknologi informasi ke seluruh lapisan organisasi.

 

Bagaimana Proses perencanaan dengan IT Masterplan?

Proses perencanaan IT Masterplan dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu, current situation assessment, Pengembangan rencana penerapan Information Teknologi, dan pengimplementasian rencana tersebut.

Apa itu IT Masterplan

Proses tersebut dibagi kedalam berbagai Langkah taktis sebagai berikut:

Asesmen Kondisi saat ini

Sebelum menentukan prenecanaan yang akan diimplementasikan untuk business goals yang akan dikejar, proses asesmen perlu dilakukan untuk mengetahui seperti apa kondisi perushaan kita saat ini serta mengetahui seberapa jauh Anda dari Goals tersebut. Proses Asesmen Kondisi saat ini dilakukan 3 tahap yaitu Memahami Business Environtment, mengidentifikasi IT Assets Environment, dan Melakukan Analisa terhadap Isu isu strategis.

Pengembangan Rencana Penerapan Teknologi Informasi

Tahap pengembangan rencana dilakukan setelah mengetahui kondisi perusahaan saat ini, Proses perencanaan ini dilakukan beberapa tahap yaitu Mendefinisikan IT Strategi yang akan diterapkan, Mengembangkan bisnis arsitektur, Sistem Informasi, Teknologi Aristektur, serta Organisasi (orang-orang yang berkewajiban akan hal tersebut) yang sesuai dengan goals perusahaan,

Implementasi Rencana

Tahap terkahir dilakukan implementasi rencana yang sudah dikembangkan dengan menganalisis Gap dari tujuan ke kondisi saat ini, menentukan Inisiatif/Program/Project untuk mendukung goals tersebut, menentukan proses Inisiatif, serta mengembangkan peta jalan tahunan yang dipecah menjadi Mingguan

Best Practice penerapan IT Masterplan

Berikut adalah Best Practice penerapan IT Masterplan agar dapat mencapai Bisnis Goals Anda:

  • Memahami secara mendalam situasi perusahaan Anda saat ini
  • Mengambil sudut pandang secara bisnis terhadap Goals ataupun Strategi yang diterapkan.
  • Mendokumentasi seluruh issue ataupun proses setiap insiatif yang dilakukan
  • Memiliki SDM yang kompeten dengan insiatif yang sudah diterapkan
  • Mereview dan mendefinisikan Strategi, Roadmap, serta ROI perusahaan.

Penerapan Information Teknologi sebagai Enabler untuk Business Goals dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. IT Governance membantu Anda merencanakan & menerapkan IT Masterplan untuk menggapai Goals jangka Panjang perusahaan Anda. Klik link Training IT Masterplan ini untuk memengetahui lebih lanjut!

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?