Apa Saja Soft Skills yang Harus Dimiliki Profesional?

Menjadi seorang profesional tidak hanya harus memiliki keahlian dalam bidang yang dikerjakan, tetapi juga harus memiliki karakter yang baik dan mencerminkan potensi dalam diri. Sebagai perusahaan yang bertujuan menciptakan sumber daya manusia berkualitas, IT Governance Indonesia telah merangkum 5 soft skills utama yang harus dimiliki seorang profesional, yaitu:

  1. Kreatif dan inovatif

Dalam mengembangkan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini, Anda tentu harus memiliki kemampuan untuk terus berkreasi dan berinovasi. Kemampuan kreatif dan inovatif ini menjadi yang paling utama karena semua orang mungkin bisa lebih baik dari Anda, tapi tidak akan ada orang yang bisa menjadi seperti Anda. Jadi, dengan memiliki kreativitas yang tinggi, Anda bisa menghasilkan banyak ide dan gagasan baru untuk mengubah semuanya menjadi lebih berkembang dan maju.

  1. Manajemen waktu

Uang mungkin bisa dicari, tapi waktu adalah sesuatu yang selamanya tidak akan pernah bisa Anda dapatkan kembali. Manajemen waktu menjadi kemampuan berikutnya yang harus Anda miliki, karena dengan memiliki kemampuan tersebut Anda bisa lebih bertanggungjawab menyelesaikan semua hal tepat waktu. Menguasai skill ini juga akan menandakan bahwa Anda adalah orang yang disiplin dan bisa diandalkan. Apalagi, jika Anda bisa membagi waktu dengan efektif antara kehidupan profesional Anda dengan kehidupan pribadi atau waktu keluarga dan waktu untuk diri Anda sendiri.

  1. Kecerdasan emosional di bawah tekanan

Setiap pekerjaan tentu memiliki target dan tekanan masing-masing yang harus Anda hadapi. Dalam bidang apapun pekerjaan yang Anda lakukan, Anda membutuhkan kemampuan kecerdasan emosional untuk menilai dan mengambil keputusan dalam memecahkan masalah, meskipun itu sedang dalam tekanan. Bahayanya jika Anda tidak memiliki kemampuan ini adalah Anda bisa salah mengambil keputusan yang berisiko besar bagi bisnis atau perusahaan Anda, dan Anda juga menjadi tidak bisa mengontrol emosi saat tekanan terjadi atau menuntut Anda untuk bertindak bijaksana.

  1. Komunikasi dan negosiasi yang handal

Jika sejak tadi kita sudah membicarkan seputar kemampuan yang harus dikembangkan untuk diri sendiri, maka saatnya kita berbicara tentang kemampuan yang juga berhubungan dengan rekan atau orang lain di sekitar Anda. Kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi yang handal dapat menjadi senjata utama untuk Anda meningkatkan strategi ataupun penjualan dalam bisnis apapun yang Anda jalankan. Memiliki kemampuan ini juga akan menandakan bahwa Anda dapat membangun relasi yang baik dengan sesama dan memiliki attitude serta kepribadian yang menarik di mata masyarakat.

  1. Analisa data

Kemampuan terakhir ini menjadi yang paling dibutuhkan di era modern seperti sekarang. Kecepatan informasi yang didapatkan dengan teknologi yang semakin berkembang, membuat kemampuan analisa data sangat diperlukan untuk meraih mengelola suatu informasi dengan bijak. Tapi, tidak hanya sampai di situ saja, kemampuan analisis ini juga akan berguna bagi Anda dalam menentukan strategi yang tepat agar Anda tidak salah langkah dalam berbisnis berdasarkan data yang telah dikembangkan.

Menjadi seorang profesional berarti Anda harus memiliki kemampuan yang juga optimal. Bersama IT Governance Indonesia, Anda bisa meningkatkan berbagai kemampuan soft skills dengan pelatihan dan sertifikasi terbaik dari pakar-pakar, serta orang profesional yang turut bisa mendukung perkembangan diri Anda dan perusahaan. Segera sebelum terlambat, hubungi kami sekarang untuk mengetahui kelas pelatihan yang akan segara dilaksanakan!

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat