Arahan Jokowi ke Rudiantara: Bangun Tol Informasi Merata

Dari tujuh poin hasil tulisan tangan Presiden Joko Widodo tentang ‘Impian Indonesia 2015-2085’, beberapa di antaranya menjadi tugas yang harus diemban oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Apa saja?

CISA, COBIT 5, information security, iso 20000, iso 27001, it governance, IT Security, Keamanan Informasi, penetration testing, training iso 20000 indonesia, training iso 27001 indonesia

Rabu (30/12/2015), menteri yang akrab disapa Chief RA itu mengintepretasikan ada dua poin khusus yang harus diwujudkan demi menggapai impian Indonesia yang lebih baik dalam waktu 70 tahun ke depan.

“Teknologi dan infrastruktur. Memang statement-nya umum strategis. Tapi ICT itu masuk di dasar poin ke-3 dan ke-5 untuk mencapai tujuan ke-1, ke-2, ke-4, ke-6, dan ke-7,” demikian jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tengah berada di Merauke untuk meresmikan kapsul waktu yang berisi resolusi dan mimpi-mimpi dari rakyat untuk Indonesia mendatang.

Tulisan tangan Jokowi itu dimasukan ke kapsul waktu yang akan dibuka 2085 mendatang. Berikut tujuh poin tulisan tangannya yang ditulis langsung, lengkap dengan torehan tanda tangan dan lokasinya di Merauke.

  1. Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia
  2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung nilai-nilai etika
  3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia
  4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi
  5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia
  6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan paling berpengaruh di asia pasifik
  7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia

Seperti dimaksudkan Rudiantara, kedua poin yang jadi arahan Jokowi kepadanya adalah menjadikan Indonesia pusat teknologi dunia serta terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

“Infrastruktur yang biasa dikenal masyarakat saat ini antara lain jalan tol, listrik, ataupun tol laut. Padahal, broadband itu, khususnya Palapa Ring, adalah infrastruktur tol informasi,” papar menteri urusan ICT itu.

Untuk mewujudkan impian Indonesia dalam hal pembangunan infrastruktur yang merata serta menjadikannya pusat teknologi dunia, diperlukan juga kerja sama strategis dengan para pemain global. Salah satunya Google.

Saat bertemu dengan co-founder Google, Sergey Brin, Menkominfo juga menyampaikan rencananya untuk memajukan digital ekonomi nasional agar Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Untuk mewujudkan mimpi itu, salah satunya dengan menciptakan 1.000 teknopreneur sampai tahun 2020. Di sinilah Google dapat berperan untuk menciptakan bibit-bibit (seed) startup sehingga mereka dapat menjadi teknopreneur.

Sumber berita: detik.com
Sumber foto: detik.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?