Awas! App Store Apple Diserang Malware

Mac OS dan iOS sering disebut-sebut bebas dari virus, malware dan sejenisnya. Namun, ternyata App Store untuk iOS dan Mac OS menjadi korban serangan malware bernama XcodeGhost.

Dan hal ini memaksa Apple untuk bersih-bersih App Store-nya itu pada hari Minggu kemarin, yang bertujuan untuk menghapus malware yang diidentifikasi sebagai serangan pertama terbesar di App Store Apple tersebut.

Sebelumnya memang sejumlah perusahaan peneliti keamanan cyber sudah melaporkan adanya sebuah malware bernama XcodeGhost yang bersembunyi di dalam ratusan aplikasi resmi yang ada di App Store.

Ini adalah kebobolan besar-besaran bagi Apple yang pertama, yang terkenal ketat dalam memfiltrasi aplikasi yang masuk ke dalam App Store. Menurut Palo Alto Network — perusahaan penyedia keamanan cyber, secara total hanya ada lima malware yang pernah masuk ke dalam App Store.

Sementara untuk XcodeGhost, Apple menyebut bahwa malware tersebut disusupkan ke dalam aplikasi setelah pembuatnya menipu para developer. Yaitu dengan membuat Xcode — tool untuk membuat aplikasi iOS dan Mac — palsu.

“Kami menghapus semua aplikasi di App Store yang dibuat oleh aplikasi (Xcode -red) palsu ini,” ujar Christine Monaghan, juru bicara Apple dalam email, dikutip dari Reuters, Senin (21/9/2015).

Lebih lanjut, Monaghan tak menyebut langkah apa yang harus dilakukan oleh para pengguna iPhone dan iPad yang sudah terlanjur menginstal aplikasi yang terinfeksi malware tersebut. Ia hanya menyebut bahwa pihak Apple akan memastikan bahwa developer menggunakan Xcode yang benar untuk membuat aplikasi.

Sumber: detik.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?