Backup Data Bisnis Anda, Perlu atau Tidak ?

Tahukah Anda ? Backup data kini tidak hanya sebuah preferensi bisnis lagi melainkan sudah menjadi sebuah keharusan untuk menopang kelancaran proses bisnis. Faktanya, hampir 98 persen dari perusahaan mengalami kehilangan data penting, yang berakibat pada bisnis mereka dalam 12 bulan terakhir. Dalam waktu 12 bulan terakhir, perusahaan di Indonesia mencatat kerugian sebesar USD 16 miliar atau setara Rp 197 triliun akibat kehilangan data dan adanya downtime

Pertanyaannya adalah; mengapa dapat terjadi kehilangan data ? Apakah sistem Anda tidak cukup aman atau ada faktor lainnya ? Jawabannya sangat mudah yaitu karena pada akhirnya, kita hanyalah manusia.

Sering kali kita sudah merasa bahwa sistem yang kita bangun sudah cukup kuat dan dengan kode enskripsi yang kompleks sehingga kita merasa aman. Namun kenyataannya, data Anda bisa hilang akibat faktor lainnya.

  1. Mother Nature don’t play favorite.Kita tidak akan pernah tahu kapan dan sebesar apa sebuah bencana akan terjadi seperti banjir, gempa bumi, kebakaran dsb. Kalau begitu, siapa yang akan menjamin server/perangkat Anda akan tetap aman ? Kebanyakan perusahaan melakukan kesalahan dengan melakukan backup namun datanya tersimpan pada server di lokasi yang sama dengan kantor. Namun apabila kantor Anda sudah terkena bencana, dimana lagi Anda bisa mendapatkan data Anda ?
  2. Ancaman Virus dan Malware.Anda pasti mengetahui malware yang baru-baru ini menghantui dunia teknologi yaitu Ransomware Wanna Cry. Bayangkan Anda terkena malware ini atau malware lainnya yang mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses data bisnis Anda. Anda bisa membayangkan berapa banyak kerugian yang akan Anda alami selama downtimetersebut. Lalu masihkah Anda tidak merasa backup data itu penting ?
  3. Human Error.Seperti yang kita pahami dengan baik, bahwa kita hanyalah manusia yang tidak dapat luput dari kesalahan. Meskipun kita sudah teliti dan berhati-hati, namun human error tetap tidak bisa ditiadakan. Resiko masih tetap ada walaupun kecil. Yakinkah Anda suatu saat human error ini tidak akan terjadi ?
  4. Faktor lain-lain yang mungkin terjadi; seperti hilangnya daya atau lonjakan listrik, terlalu panas, pengosongan elektrostatik (“statis”), penimpaan file, kerusakan karena bugperangkat lunak sistem operasi atau aplikasi, atau kegagalan dalam pemutakhiran juga dapat menyebabkan kehilangan data.

Karena alasan-alasan inilah kita harus sadar betul bahwa backup data sangat dibutuhkan terutama segala data yang menyangkut bisnis berharga Anda. Anda tentu tidak ingin bisnis yang dengan susah payah Anda bangun menjadi kacau akibat kemungkinan hilangnya data bisnis. Belum lagi image atau brand bisnis yang Anda pertaruhkan di mata pelanggan Anda.

Sumber : https://blog.dnetprovider.id

Baca Juga : 

Ingin Data Anda tetap Aman saat Berlibur? Ini dia caranya!

BIG DATA

Cyber Security

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?