Baidu Cari Jagoan Aplikasi Lokal Android

Jakarta – Raksasa internet asal China, Baidu, tengah mencari aplikasi jagoan buatan anak Indonesia. Dalam program yang diberi nama ‘Finding Top 50 Local Apps’ ini ada uang USD 15 ribu atau sekitar Rp 180 juta yang diiming-imingi sebagai hadiah.

Seperti detikINET kutip dalam keterangannya, Senin (17/11/2014), 10 aplikasi terbaik yang terpilih akan dipamerkan dalam ajang Startup Asia Jakarta yang rencananya digelar pada tanggal 26 dan 27 November 2014.

Baidu sendiri telah memiliki 50 aplikasi terbaik dari kompetisi yang mulai dibuka 10 September lalu. Melalui program ini, Baidu menjaring aplikasi-aplikasi karya pengembang asal Indonesia melalui toko aplikasi Android besutannya, yakni MoboMarket.

Hingga awal November 2014, Baidu telah menerima sekitar 300 aplikasi Android yang didaftarkan dalam kompetisi ini. Baidu juga telah menyediakan hadiah total senilai USD 15 ribu atau sekitar Rp 180 juta serta hadiah-hadiah menarik lainnya bagi para pemenang. 

“Kami sangat senang melihat antusiasme mereka untuk mengikuti kompetisi ini. Kami sadar mengembangkan aplikasi yang menarik bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, melalui MoboMarket, kami ingin menyediakan wadah bagi para pengembang aplikasi Android lokal yang berpotensi untuk memasarkan dan mempromosikan karya mereka,” ujar Edo Suryo Pamungkas, Product Manager of MoboMarket di Indonesia.

Aplikasi yang dikirimkan pada ajang ini disebutkan berasal dari pengembang berbagai daerah di Indonesia, di antaranya pengembang dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Batang, Purwokerto, Solo, Cilacap, Malang, Madiun, Sidoarjo, Surabaya, Palembang, dan Aceh.

“Membantu para pengembang lokal merupakan misi kami, dan di tahun-tahun mendatang kami juga berencana untuk mengadakan kegiatan semacam ini,” kata Lin Yi, Head of Mobile Business Baidu Indonesia.

Baidu memperkenalkan MoboMarket di Indonesia pada Februari 2014. Hingga kini, MoboMarket telah menyediakan lebih dari 500.000 aplikasi dan game bagi para penggunanya. Semua aplikasi itu diklaim aman karena telah dipindai sebelumnya menggunakan aplikasi keamanan komputer ternama dan berstandar internasional.

Sumber: inet.detik.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?