Begini Profil Pengguna Smartphone di Indonesia

Pengguna smartphone di Indonesia punya kebiasaan unik. Hal itu terungkap dalam riset yang dilakukan oleh Nielsen Informate Mobile Insights bersama Vserv selaku penyedia platform smart data untukmobile marketing and commerce.

Berdasarkan studi selama tiga bulan penuh yang melibatkan 1.600 pengguna smartphone di Indonesia, riset ini menghasilkan enam persona penggunaan smartphone di 2015.

Seperti dikutip dari hasil riset tersebut, Senin (30/11/2015), penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat smartphone mereka.

Kemudian, Nielsen bersama Vserv menggunakan analisis pengelompokan dua langkah, dengan 27 parameter penggunaan smartphone yang sebenarnya sebagai variabel masukan.

Laporan studi ini juga mencakup wawasan dalam penggunaan aplikasi setiap persona mengenai waktu yang dihabiskan untuk menggunakan berbagai aplikasi, pola konsumsi data, dan demografi mereka.

Berikut inti dari laporan studi tersebut:

– Berdasarkan penelitian, penguna smartphone menghabiskan waktu rata-rata 129 menit per hari di perangkat mereka.

– Enam persona pengguna smartphone yang muncul adalah: penggila/rakus data, penggemar game, pengguna utama, iseng/awam, pembicara, dan bintang sosial.

– Satu dari setiap lima pengguna smartphone di Indonesia mengonsumsi data sekitar 249 MB per hari, yang dikategorikan sebagai penggila/rakus data

– 19% dari pengguna smartphone menghabiskan lebih dari 1,5 jam sehari untuk bermain game di perangkat mereka, yang dikategorikan sebagai penggemar game.

– 14% pengguna smartphone yang didominasi oleh wanita menghabiskan hampir satu jam setiap hari di jejaring sosial, chatting & telepon lewat aplikasi (berbasis VoIP). Pengguna ini yang kemudian disegmentasikan sebagai bintang sosial.

Masih dari laporan Nielsen, basis pengguna smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun tumbuh 33% sejak 2013. Pertumbuhan pesat di pasar smartphone Indonesia ini didorong oleh penduduk dengan usia di bawah 30 tahun — sekitar 61% dari seluruh pengguna.

Sagar Phadke, Direktur Eksekutif Consumer Insight Nielsen Indonesia, mengaku sangat antusias berkolaborasi dengan Vserv dalam penyusunan laporan market insight ini guna membantu para pemasar tetap selangkah lebih ke depan.

Demikian pula dengan Pranab Punj, Associate Vice President Global Marketing Vserv, yang menegaskan pentingnya bagi perusahaan untuk meningkatkan relevansi pesan yang disampaikan dan memperkaya pengalaman akan konsumen mereka.

Menurutnya, proliferasi data singkat dari penggunaan perangkat smartphone ini akan memungkinkan pemasar untuk mengetahui dan memahami target audiens mereka lebih dalam lagi. Tentunya dengan merumuskan strategi yang lebih tepat.

“Mereka perlu merumuskan strategi yang terfokus pada persona pengguna dan tujuan perusahaan. Sebagai pemimpin dalam ruang smart data, Vserv secara konsisten memungkinkan pemasar untuk bergerak di luar data demografi dan merangkul mereka berdasarkan targetnya,” pungkasnya.

Sumber berita: detik.com
Sumber foto: telkomsolution.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?