Berani Berubah Untuk Sukses, Manfaatkan Teknologi!

Apakah Anda ingin sukses? Jika kita ditanya pertanyaan ini, maka saya yakin semua dari kita pasti menjawab: “Ya, Semua orang pasti ingin sukses!” Betul, karena sukses adalah naluri setiap manusia yang lahir di muka bumi ini. Tapi pertanyaan berikutnya adalah: “Kalau semua orang ingin sukses, kenapa masih lebih banyak orang yang tidak sukses?” Ok, mari kita cari jawabannya sama-sama.

Berbagai penelitian menunjukkan ada 2 faktor penyebab utama orang tidak bisa sukses, yaitu karena mereka enggan berubah atau terlalu lambat untuk berubah. Dunia terus berubah, bahkan saat ini perubahan terjadi sangat-sangat cepat. Jadi kalau kita tidak siap berubah maka kita akan ketinggalan atau bahkan mengalami kegagalan. Untuk meraih sukses pada zaman ini kita harus cepat beradaptasi dan cepat untuk berubah.

Dunia berubah, cara cari uang juga berubah, apa yang efektif di tahun 2009 belum tentu efektif untuk tahun 2010. Saat ini kita hidup di Era Konseptual, perubahan terjadi sangat cepat bahkan setiap jam, menit, maupun detik. Orang yang bisa sukses adalah orang yang punya konsep yang unik dan punya kemampuan komunikasi yang hebat atau biasa saya sebut sebagai kemampuan untuk meyakinkan orang lain. Kualitas bukan lagi penentu utama (kualitas saja tidak cukup). Kita bisa melihat begitu banyak produk yang bagus, tetapi tidak laku di pasaran. Tetapi produk yang kelihatannya biasa-biasa saja, malah bisa laku keras. Jawabannya adalah mereka punya konsep yang unik dan bisa mengkomunikasikan pesannya dengan cepat ke pasaran, sehingga tepat sasaran sesuai target marketnya.

Di era informasi ini, kita bisa mendapatkan segala informasi dengan sangat cepat, bahkan seolah dunia ada di gengaman kita. Kita bisa dapat informasi apa saja hanya dengan search di Google, sehingga pada saat ini, kita semua punya kesempatan yang sama untuk meraih sukses dan kaya, asal kita jeli dan siap untuk berubah alias cepat mengikuti perkembangan zaman. Sebagai contoh perubahan, kali ini saya angkat contoh kekuatan Teknologi Informasi disini.

Dengan adanya internet, Mark Zukerberg (26 tahun) yang merupakan mahasiswa drop out, menciptakan situs social networking yang bernama Facebook. Mark mencintai pekerjaannya sebagai programmer, dan kecintaannya tersebut mengantarkan kepada kesuksesan dan kemakmuran.  Mark tercatat sebagai Trilliuner termuda versi majalah Forbes 2010, orang paling kaya termuda di dunia dengan kekayaan hasil usaha sendiri (bukan warisan). Facebook saat ini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna (user) di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, sudah lebih dari 28,8 juta pengguna saat ini (September 2010).

Apakah Anda siap mengikuti perubahan zaman? terutama saat ini kita hidup di era Konseptual, ide dan konsep yang unik yang akan membuat kita berhasil luar biasa, dunia internet berkembang dan bersaing begitu ketat, kita lihat contohnya: Friendster, yang begitu diminati beberapa tahun lalu, tetapi setelah munculnya Facebook, karena tidak siap dan kurang cepat melakukan perubahan, Friendster langsung kalah bersaing dan tertinggal. Tetapi kita lihat yang siap berubah dan cepat tanggap tetap bisa bertahan seperti Google, Yahoo, Youtube, dll.

Begitu juga saat ini, kita hidup dalam lingkungan yang berkembang cepat sekali, yang tidak bisa kita hindari dari perkembangan teknologi dan Social Media. Kita hidup dalam lingkungan yang menuntut untuk selalu up-to-date. Dengan teknologi smartphones yang semakin canggih (BlackBerry, iPhone, Android, bahkan iPad) maka kita bisa mengakses informasi dan mengikuti perkembangan lewat Facebook, Twitter, Foursquare, dan lain-lain hanya dari ponsel kita, so dunia benar-benar hanya di dalam gengaman kita. Tinggal apakah kita siap memanfaatkannya secara baik? berubah atau ketinggalan.

Mengutip pernyataan teori evolusi dari Charles Darwin “Species yang bertahan sampai saat ini dan kedepannya bukalah species yang sangat cerdas, sangat kuat atau terlalu hebat, melainkan species yang mampu beradaptasi terhadap perubahan dan lingkungan.” Ingat, Dinosaurus punah karena tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan.

Kesimpulannya, dalam era informasi yang begitu canggih dan cepat berubah, semua orang bisa mengakses informasi yang sama dengan cepat, sehingga mempunyai informasi saja tidak menjamin kesuksesan kita. Untuk sukses kita harus selalu updates, siap berubah dan bertindak cepat. Jadi yang dibutuhkan adalah sikap mental kita untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, sikap yang terbuka untuk belajar. Terutama di era konseptual ini, ide atau konsep yang terpenting, tentunya kita juga harus bisa  berkomunikasi dan bekerja sama baik dengan orang-orang di sekitar kita. Jadi, apapun bidang pekerjaan anda, pekalah terhadap perubahan dan lingkungan. Berani Berubah untuk Sukses!

Semoga Menginspirasi dan Salam Hebat Luar Biasa!

Sumber: facebook notes

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?