Cegah Malware, Google dan Microsoft Bikin Standar Email Baru

Raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft berencana menguatkan sistem enkripsi pada pesan elektronik alias email.

Mengutip situs BGR, perusahaan besar seperti Google, Microsoft, dan LinkedIn akan mengembangkan sistem baru yang memungkinkan pembaruan standar SMTP ini agar pesan email bisa terenkripsi sepenuhnya.

Pengajuan yang sudah diserahkan ke Internet Engineering Task Force (IETF) memaparkan mekanisme baru bernama Simple Mail Transfer Protocol Strict Transport Security (SMTP STS).

Ini merupakan pembaruan dari standar lama yang sebelumnya dipakai pada setiap email yang terkirim. Sebelumnya, email yang terkirim akan melalui standar sistem bernama Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) yang pertama kali dikembangkan pada 1980-an dan diakui masih lemah untuk mengenkripsi pesan-pesan yang terkirim.

Tujuan utama dari standar baru SMTP STS adalah mencegah serangan siber yang tidak diinginkan. Bisa dibilang, ini adalah bentuk protokol yang lebih aman dan ketat dari sebelumnya.

Hal ini juga ingin dilakukan Google dan Microsoft yang telah melakukan pengajuan protokol baru untuk memperkuat peranti lunak MTA (message transfer agent) yang tugasnya mengirim pesan email agar lebih waspada terhadap gangguan proses pengiriman.

Cara kerjanya nanti akan demikian, ketika pengguna mengirim email ke alamat tujuan yang sudah mendukung standar protokol SMTP STS, software MTA secara otomatis akan mengecek apakah alamat tujuan sudah dilengkapi oleh enkripsi penuh atau belum. Jika sudah, maka akan ada semacam sertifikat valid.

Pada intinya, Google dan Microsoft ingin mencegah email diganggu oleh server jahat seperti peretasan hingga virus saat pesan sedang proses pengiriman ke alamat tujuan.

Sumber berita: cnnindonesia.com
Sumber foto: i.telegraph.co.uk

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?