Dampak Besar Revolusi Industri 4.0 bagi Indonesia

Kehidupan manusia kian bergerak ke arah yang lebih modern dengan kecanggihan teknologi yang terjadi di masa Revolusi Industri 4.0. Pertama kali, Revolusi Industri 4.0 dikenalkan oleh Ketua Eksekutif World Economic Forum (WEF) yaitu Klaus Schwab, sebagai sebuah kondisi atau perubahan kerja manusia yang fundamental.

Fundamental di sini berarti menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia, yang sebelumnya segala aktivitas dilakukan secara manual, kini dapat menggabungkan teknologi digital dan internet untuk mendukung sistem kerja yang lebih optimal. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk turut mengikuti perkembangan yang terjadi, supaya penjualan Anda bisa mengikuti tren yang sedang diminati.

Indonesia menjadi negara yang tak luput dari perubahan Revolusi Industri 4.0 yang turut mengubah beberapa sektor bisnis di negara. Berbagai dampak besar yang akan terjadi di Indonesia akibat Revolusi Industri 4.0, antara lain:

  1. Tenaga manusia tidak lagi mendominasi

Dikutip dari cnbcindonesia.com, dalam laporan yang bertajuk The Future of Jobs Report 2020 yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF), pada tahun 2025 mendatang diprediksi akan terdapat 85 juta pekerjaan yang hilang karena digantikan oleh mesin dan algoritma kecerdasan buatan. Hal ini semakin membuktikan bahwa dampak dari Revolusi Industri 4.0 yang modern akan mengubah tenaga manusia menjadi tidak lagi mendominasi karena telah terganti oleh teknologi yang canggih.

  1. Seluruh kegiatan akan terkoneksi oleh internet.

Pernahkah Anda mendengar istilah Internet of Things? Internet of Things dapat diartikan sebagai suatu evolusi di mana seluruh pekerjaan manusia bisa dilakukan tanpa harus melalui interaksi secara langsung, karena semuanya telah terkoneksi oleh internet. Salah satu unsur Intenet of Things yang semakin berkembang dan pastinya sudah bisa Anda rasakan saat ini adalah kekuatan Artificial Intelligence yang memudahkan segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam berkomunikasi, hiburan, hingga akses transportasi.

  1. Penyimpanan Cloud akan lebih diandalkan.

Sudah tidak seharusnya bagi Anda untuk menyimpan data atau informasi penting secara manual. Apalagi, dengan peningkatan cyber crime yang kian meningkat dan berkembang ke berbagai jenis. Anda tentu harus turut meningkatkan sistem penyimpanan data Anda ke cara yang lebih aman. Penyimpanan Cloud dinilai menjadi sistem yang paling akurat di masa Revolusi Industri 4.0, karena selain dapat memudahkan para pekerja untuk bekerja sama, Anda juga akan lebih menghemat waktu dan sangat dimudahkan dalam pengarsipan data. Tak heran, penyimpanan awan ini pun menjadi lebih diandalkan di masa Revolusi Industri 4.0, karena kinerja bisnis pun dapat terlihat lebih nyata dan terintegrasi.

 

Setelah mengetahui apa saja dampak besar dari Revolusi Industri 4.0 terhadap bisnis Indonesia, kini saatnya bagi Anda untuk turut berpartisipasi menyambut hal tersebut dalam perkembangan bisnis Anda. Sebagai perusahaan atau bisnis yang berjalan dan tentunya ingin bergerak ke depan, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar dapat penjualan Anda tidak ketinggalan zaman:

  • Buat aturan dan kebijakan baru

Semakin berkembangnya suatu teknologi, maka semakin banyak juga risiko berbahaya yang mengancam dan dapat menyebabkan kerugian perusahaan. Diperlukan strategi yang tepat untuk mengontrol dan mengelola setiap teknologi yang diterapkan, itulah mengapa aturan dan kebijakan baru sangat dibutuhkan untuk mendukung perubahan agar tidak menjadi bumerang dan dapat memberikan benefit bagi perusahaan secara lebih maksimal. Penerapan aturan dan kebijakan baru tersebut harus ditentukan bersama-sama dengan tim terpercaya Anda, dengan mempertimbangkan sisi pemerintahan dan sisi kompetitor supaya Anda bisa bertahan di tengah daya saing Revolusi Industri 4.0.

  • Perluas jaringan

Di zaman modern seperti sekarang ini tentu hubungan manusia semakin dimudahkan, terlebih melalui berbagai sosial media yang praktis dan bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Memanfaatkan sosial media ataupun berbagai platform komunikasi lainnya dapat menjadi strategi cerdas untuk memperluas jaringan Anda. Meski terlihat sepele, memiliki jaringan yang lebih luas dan besar tentu dapat memudahkan Anda dalam meningkatkan brand awareness dan pengenalan akan produk/layanan Anda melalui promosi yang lebih mudah dilakukan.

  • Tingkatkan kualitas SDM

Sepintar-pintarnya teknologi yang sudah diciptakan, pastinya tetap tidak dapat mengganti kecerdasan manusia. Jadi di masa Revolusi Industri 4.0 ini tidak ada gunanya bila Anda hanya mengutamakan kualitas dan peningkatan teknologi, tanpa turut mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang justru lebih dibutuhkan. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam jurnal.id, pemerintah bahkan telah mendukung hal tersebut melalui pengembangan kualitas SDM dengan berfokus pada sejumlah aspek yaitu Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics. Jadi, apakah Anda sudah mengembangkannya juga?

 

Sangat penting untuk Anda dan perusahaan mengetahui informasi dan perkembangan terkini seputar kemajuan teknologi maupun industri, karena ini juga dapat berpengaruh pada pandangan masyarakat terhadap kualitas perusahaan Anda. Mengembangkan potensi dalam Revolusi Industri 4.0 juga bisa dilakukan melalui pelatihan dan sertifikasi yang dioptimalkan.

Anda bisa mempercayakan IT Governance Indonesia yang sudah berpengalaman meningkatkan potensi berbagai perusahaan dari berbagai bidang, khususnya dalam bidang sistem informasi dan teknologi informatika yang sangat diperlukan di masa Revolusi Industri 4.0. Apa lagi yang Anda tunggu? Segera booking kelas pilihan terbaik Anda sebelum terlambat!

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat