E-Government Providing Government Services at Citizen Fingertips

Perkembangan teknologi telah membawa peluang yang belum pernah ada sebelumnya, mengubah cara masyarakat berinteraksi dan terlibat dalam semua aspek kehidupan yang mendorong efisiensi dan otomatisasi. Laju perubahan yang semakin cepat, sebagaimana harapan warga masyarakat dan pemerintahan global, mau tak mau mengharuskan adanya perubahan operasional agar lebih mudah diakses, transparan, dan akuntabel. Selain menyelaraskan dengan tren global untuk bertranformasi menjadi E-Government, negara membutuhkan agenda yang jelas dan terdefinisi dan proses pendukung untuk mendorong perubahan dengan memenfaatkan teknologi.

E-Government adalah tentang mewujudkan manfaat teknologi untuk mengubah cara layanan disampaikan kepada warga negara dan meningkatkan pengalaman warga melalui model ‘Citizen Centric’. Hal ini telah menciptakan tekanan untuk mengaktifkan, mengubah, dan menginovasikan lingkungan yang penuh dengan kata-kata kunci baru, seperti, Artificial Intelligence, Blockchain, Big Data, Machine Learning, Virtual Reality, Robotics, dan masih banyak lagi. Sayangnya, pemerintahan bukanlah bisnis startup yang memiliki keleluasaan dalam menginisiasi berbagai hal baru. Ada warisan dan harkat hidup banyak masyarakat yang perlu diperhatikan, juga batasan-batasan, serta warisan yang tak bisa seenaknya ditinggalkan. Belum lagi kewajibannya untuk membuat kebijakan dan memberikan pelayanan terbaik bagi semua warganya, termasuk warga yang belum siap untuk merangkul teknologi.

Dalam penerapan teknologi pertanyaan yang harus diingat ialah, “mengapa kita harus berinvestasi dalam teknologi?” Teknologi haruslah dipandang sebagai suatu ‘enabler’ pada waktu yang tepat, untuk alasan yang tepat, dan bukan hanya karena keberadannya dan atau karenanya merupakan trend terbaru.

Ada pun hal-hal penting dalam E-Government ialah:

  • Transformasi Digital

Apa arti transformasi digital sesungguhnya, manfaat yang dapat diberikannya dan bagaimana memprioritaskan peluang untuk otomatisasi, memanfaatkan metodologi pengiriman yang paling tepat, dan mencari peluang untuk berbagi layanan.

  • Perkembangan Teknologi

Seringkali orang menggunakan kata-kata canggih atau merasa berkewajiban untuk menerapkannya ketika mereka tidak perlu memahami nilai dan penerapannya. Kami akan memberikan ikhtisar singkat tentang kata kunci utama saat ini dan bagaimana teknologi diterapkan.

  • Pendekatan Citizen Centric

Bagaimana harapan warga negara berubah dan bagaimana kita dapat memenuhi persyaratan mereka dengan menerapkan teknologi yang tepat untuk penyampaian layanan.

  • Berinovasi Kebijakan & Layanan Publik

Apa peran Pemerintah dan bagaimana ia dapat mengembangkan kebijakan dengan lebih baik untuk memberikan hasil dan menciptakan struktur dan lingkungan untuk inovasi yang memberikan efisiensi dan peningkatan layanan kepada penduduk. Benchmarking dan belajar dari orang lain – keberhasilan dan kegagalan.

  • Keunggulan, Alat & Penghargaan

Negara-negara dengan visi jangka panjang untuk layanan publik, biasanya mengoperasikan berbagai alat, pedoman, dan penghargaan untuk mendorong perubahan.

Kesimpulannya, E-Government adalah bagaimana pemerintah dapat beradaptasi dan memberikan layanan elektronik, dan mendorong pergeseran ke layanan baru untuk meningkatkan pengalaman warga negara dan bagaimana mendefinisikan Indikator Kinerja Utama yang sesuai.

Baca Juga :

Assessment

Agar e-Government Lebih Baik

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat