Google Tangkis Tuduhan ‘Pencurian’ Data di Android Auto

Google angkat bicara soal tuduhan pengumpulan data yang berlebihan dari platform Android Auto. Menurut Google, informasi-informasi yang dituliskan tersebut tak sepenuhnya tepat.

“Kami memperhatikan masalah privasi dengan sangat serius, dan kami tidak mengumpulkan data seperti yang ditulis dalam artikel Motor Trend tersebut, seperti posisi akselerator, temperatur oli dan temperatur cairan pendingin,” tulis Google dalam pernyataannya.

Menurut Google, pengguna bisa memilih untuk membagikan informasi dengan Android Auto untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Jadi sistem tersebut bisa berjalan dengan otomatis ketika mengemudikan mobil, serta menyediakan data navigasi yang lebih akurat melalui GPS.

Pernyataan Google ini bertolak belakang dengan laporan yang dipublikasikan oleh Motor Trend, yang menyebutkan bahwa banyaknya informasi yang dikumpulkan oleh Google membuat Porsche lebih memilih Apple CarPlay untuk sistem infotainment di mobil 911 Carrera dan 911 Carrera S buatannya.

Google memang tak mengeluarkan pendapat soal pilihan Porsche tersebut. Namun perlu dicatat, Volkswagen — perusahaan induk Porsche — tercatat menggunakan Android Auto di sejumlah mobil buatannya, dikutip dari The Verge, Rabu (7/10/2015).

Dan Google memang mengklaim bahwa mereka hanya mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan pengendara, atau penting untuk pengalaman pengguna, contohnya GPS untuk pemetaan.

Sumber: kompas.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?