HACKER VS CRACKER

Banyak diantara kita salah mengartikan istilah hacker maupun cracker. Semua memberikan konotasi negatif pada dua istilah diatas. Namun, sebenarnya hacker dan cracker itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana membedakan dua istilah tersebut? Berikut Penjelasan Hacker vs Cracker

Perbedaan Mendasar Hacker Dan Cracker

Hacker vs Cracker

Beberapa Hacker Terkenal Didunia 

1. Jonathan James

Pada usia 16 tahun jonathan james sudah mencoba melakukan hacking pada sistem sekolahnya di florida, tak cukup sampai disitu jonathan james mencoba membobol sistem keamanan departemen pertahanan milik Amerika Serikat,  sistem pertahanan NASA dan berhasil mencuri software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu dengan kerugian mencapai 600 juta rupiah.

Pada 2007 sebuah departemen storebernama TJX mengaku sistem komputernya telah diretas dan James diyakini merupakan hacker dibalik pelanggaran itu, meski tak ada bukti yang menunjukkan dia lah dalangnya, James diyakini frustasi dan kemudian mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Hacker vs Cracker

2. Michael Calce

Hacker berbahaya satu ini lebih dikenal dengan nama MafiaBoy. Pada tahun 2000 lalu, Ia cuma seorang siswa SMA di Kanada namun berhasil meretas beberapa situs besar yang paling banyak dikunjungi seperti Yahoo!, FIFA, Amazon, Dell, eBay, dan CNN, hanya dalam beberapa jam saja. Kerugian sistem yang dibuat Michael senilai dengan 93 miliar rupiah.

3. Kevin Mitnick

Dia adalah salah satu hacker komputer yang kontoversial di akhir abad ke-20 yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika.

Kevin mitnick merupakan legenda hidup hacker sekaligus cracker, selain pernah menyadap blackberry Obama. Dia juga pernah terlibat dalam serentetan kasus, seperti menerobos pentagon melalui ARPANET dan terbukti mencuri software Santa Cruz Operation. Pada 15 Februari 1995 Kevin di tangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan.

2002, Kevin akhirnya dibebaskan pada bulan januari namun selama setahun berikutnya, dia dilarangan bersinggungan dengan internet sampai 21 Januari 2003.

Sekarang Kevin Mitnick bekerja sebagai CEO Defensive Thinking, sebuah perusahaan keamanan cukup ternama yaitu “Mitnick Secuirty” dan menjadi konsultan keamanan sistem.

4. Jim Geovedi

Jangan salah, Indonesia juga punya sosok hacker genius. Hacker Indonesia yang satu ini mampu meretas satelit, Peretasan satelit ini dilakukan bukan atas dasar iseng namun karena Ia pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit (BBC News – 2006). Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit hingga akhirnya Ia dapat melumpuhkan satelit tersebut. Bukan hanya meretas, Jim bahkan mengubah arah serta menggeser satelit yang Ia retas.

Saat ini, Ia dikenal sebagai pakar keamanan teknologi informasi dan menetap di London dan sering diwawancarai tentang sistem keamanan satelit, keamanan perbankan dan penegakan hukum.

5. George Hotz (Geohotz)

“Mencari tahu kelemahan dari suatu sistem itu menyenangkan dan keren, tapi me-hack server dan mencuri informasi penggunanya itu merupakan hal yang tidak keren”.  George Hotz (Geohotz) adalah ahli jailbreak yang sangat terkenal yang berhasil meretas Sony Playstation 3 dan membuat semua orang bisa memainkan game bajakan. Namanya sekarang selalu dikenal berkat aksinya meng-hack Sony, melakukan jailbreak pada produk Apple, dan juga melakukan root pada produk milik Samsung.

Cukup menarik bukan dengan pemrograman kita dapat melakukan apapun hal yang berguna untuk orang banyak ataupun diri sendiri, tentunya gunakan kejeniusan kita untuk hal yang bersifat positif bukan untuk merugikan orang lain.

IT Governance Indonesia juga menyediakan pelatihan bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang keamanan siber dan proses penetration testing, cek tanggalnya disini ya itgid.org/training dan juga untuk organisasi yang ingin melakukan asesmen kerentanan sistem, silahkan kunjungi itgid.org/assessment untuk informasi lebih lanjut.

Referensi :

https://www.codepolitan.com/10-hacker-paling-berbahaya-didunia-5a361efbceca9

https://myrepublic.co.id/blog/2017/03/24/hacker-vs-cracker/

 

Yuk Simak Jadwal dan promo dalam rangka menyambut ramadhan :

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat