Indeks KAMI: Mengenal Indeks Keamanan Informasi

Indeks KAMI atau Keamanan informasi pada suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian utama. Namun apakah kriteria penerapan keamanan informasi di organisasi anda telah memenuhi kelengkapan dan kematangan yang sesuai dengan standar?

Indeks KAMI (Keamanan Informasi) merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk menganalisa dan mengevalusi tingkat kesiapan (kelengkapan dan kematangan) penerapan keamanan informasi di sebuah organisasi sesuai dengan kriteria pada SNI ISO/IEC 27007, yaitu:

  1. Tata Kelola
  2. Pengelolaan Risiko
  3. Kerangka Kerja
  4. Pengelolaan Aset
  5. Aspek Teknologi

Indeks KAMI

Metode Penilaian Indeks KAMI

Penilaian dalam Indeks KAMI dilakukan dengan cakupan keseluruhan persyaratan pengamanan yang tercantum dalam standar ISO/IEC 27001:2009, yang disusun kembali menjadi 5 (lima) area di bawah ini:

  1. Tata Kelola Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kesiapan bentuk tata kelola keamanan informasi beserta Instansi/fungsi, tugas dan tanggung jawab pengelola keamanan informasi.
  2. Pengelolaan Risiko Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kesiapan penerapan pengelolaan risiko keamanan informasi sebagai dasar penerapan strategi keamanan informasi.
  3. Kerangka Kerja Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan dan kesiapan kerangka kerja (kebijakan & prosedur) pengelolaan keamanan informasi dan strategi penerapannya.
  4. Pengelolaan Aset Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan pengamanan terhadap aset informasi, termasuk keseluruhan siklus penggunaan aset tersebut; dan
  5. Teknologi dan Keamanan Informasi – Bagian ini mengevaluasi kelengkapan, konsistensi dan efektivitas penggunaan teknologi dalam pengamanan aset informasi.
  6. Alam setiap area, proses evaluasi akan membahas sejumlah aspek yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan utama dari pengamanan di area tersebut. Setiap aspek tersebut memiliki karakteristik tersendiri terkait dengan pentahapan penerapan pengamanan sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 27001:2009. Aspek yang dibahas (disampaikan dalam konteks pertanyaan) terdiri dari bentuk kerangka kerja dasar keamanan informasi, efektivitas dan konsistensi penerapannya, sampai dengan kemampuan untuk selalu meningkatkan kinerja keamanan informasi.Bentuk pengamanan terakhir ini sesuai dengan kesiapan minimum yang diprasyaratkan oleh proses sertifikasi standar SNI ISO/IEC 27001:2009.

Indeks KAMI

Indeks KAMI

Indeks KAMI tidak ditujukan untuk menganalisis kelayakan atau efektivitas bentuk pengamanan yang ada, melainkan sebagai perangkat untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan kerangka kerja keamanan informasi kepada Pimpinan Instansi. Implementasi Indeks KAMI dilakukan oleh penyelenggara layanan publik secara elektronik melalui Bimbingan Teknis, Asesmen, dan Konsultasi.

IT Governance Indonesa tentunya siap memberikan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan pendampingan dan persiapan maupun analisis kesiapan perusahaan menuju kemanan informasi yang lebih baik.

Baca Juga :

Kiat Sukses Menulis Laporan Teknologi Informasi dalam Bahasa Indonesia Yang Efektif

https://itgid.org/transaksi-bisnis-dengan-instant-messaging-yakin-aman-instant-messaging-security/

IT Governance Indonesia member of Proxsis telah menyiapkan waktu-waktu terbaik bagi Rekan-rekan IT Expert yang memiliki kebutuhan training.

Training Terdekat

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat