Information Security Adalah Tanggung Jawab Semua Pihak

Information security atau disingkat security adalah merupakan tanggung jawab setiap orang, mengapa security harus menjadi tanggung jawab semua pihak?

Informasi yang merupakan aset harus dilindungi keamanannya. Keamanan, secara umum diartikan sebagai “quality or state of being secure-to be free from danger”. Untuk menjadi aman adalah dengan cara dilindungi dari musuh dan bahaya. Keamanan bisa dicapai dengan beberapa strategi yang biasa dilakukan secara simultan atau digunakan dalam kombinasi satu dengan yang lainnya. Strategi keamanan informasi memiliki fokus dan dibangun pada masing-masing ke-khusus-annya. Contoh dari tinjauan keamanan informasi adalah:

  • Physical Security yang memfokuskan strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik, dan tempat kerja dari berbagai ancaman meliputi bahaya kebakaran, akses tanpa otorisasi, dan bencana alam.
  • Personal Security yang overlap dengan ‘phisycal security’ dalam melindungi orang-orang dalam organisasi.
  • Operation Security yang memfokuskan strategi untuk mengamankan kemampuan organisasi atau perusahaan untuk bekerja tanpa gangguan.
  • Communications Security yang bertujuan mengamankan media komunikasi, teknologi komunikasi dan isinya, serta kemampuan untuk memanfaatkan alat ini untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Communications Security yang bertujuan mengamankan media komunikasi, teknologi komunikasi dan isinya, serta kemampuan untuk memanfaatkan alat ini untuk mencapai tujuan organisasi.

Unit kerja Information Security dapat diibaratkan sebagai polisi atau tentara yang bertanggungjawab terhadap keamanan dan pengamanan Negara. Seperti polisi dan tentara di dalam menjaga keamanan dan pengamanan negara tentu saja perlu adanya partisipasi dari warga atau masyarakat.

Dalam melakukan development sistem aplikasi, si pembuat aplikasi tersebut harus memperhatikan aspek keamanan aplikasi tersebut secara seksama. Pada saat mengembangkan aplikasi si pembuat aplikasi tidak hanya fokus pada bagaimana aplikasi tersebut bisa berjalan tetapi juga memperhatikan aspek keamanan sistem aplikasi tersebut, aspek keamanan aplikasi tersebut tidak hanya diserahkan ke unit kerja information security.

Demikian pula dalam hal administrasi security atau user-id, tidak perlu selalu diserahkan ke unit information security. Selalu memaksakan bahwa information security harus merupakan satu-satunya unit yang bertanggung jawab mengadministrasikan security itu sama saja diibaratkan masyarakat pemilik rumah harus selalu menitipkan kunci rumahnya ke polisi atau tentara.

Implementasi information security yang efektif tidak perlu berarti tugas information security harus selalu dilakukan sepenuhnya oleh unit kerja information security. Tugas information security dapat juga sebagai motivator bagi unit kerja lain untuk berpartisipasi dan bertanggungjawab terhadap security.

Referensi: teknologiinformasidankomunikasi.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?