9 Peranan Penting Information Security Manager

Manajer Keamanan Informasi (Information Security Manager) merupakan seseorang yang bertugas  sebagai pakar organisasi terkait perlindungan, deteksi, respons, dan pemulihan keamanan siber. Namun demikian, tanggung jawab manajer keamanan TI dapat bervariasi tergantung pada ukuran organisasi.

Dalam organisasi yang lebih kecil, Anda mungkin yang menjalankan pertunjukan dan dapat ditugaskan dengan segala sesuatu mulai dari menetapkan kebijakan keamanan hingga mengelola aspek teknis keamanan (dan segala sesuatu di antaranya).

Dalam organisasi yang lebih besar, peran manajer keamanan TI biasanya mengasumsikan fokus yang lebih sempit dan Anda dapat memainkan salah satu dari dua peran berikut:

  1. Seorang manajer keamanan teknis. Dalam peran ini, Anda akan bertanggung jawab atas sistem keamanan, seperti firewall, kontrol perlindungan data, penambalan, enkripsi, pemindaian kerentanan, pengujian pena, dan sebagainya. Anda juga akan mengelola tim yang mengawasi penyebaran, konfigurasi, dan fungsi yang tepat dari sistem ini.
  2. Manajer keamanan program. Ini adalah peran yang lebih strategis yang akan membuat Anda terlibat dalam dunia manajemen risiko dan mitigasi. Biasanya, individu ini terlibat dalam mengevaluasi risiko vendor, memeriksa kontrak vendor atau ketentuan layanan, membantu berbagai tim di sekitar organisasi memahami risiko pihak ketiga dan masalah privasi data, dan banyak lagi.

Tentu saja, peran dan tanggung jawab manajer keamanan TI akan sangat bervariasi berdasarkan ukuran tim dan industri. Tetapi masih ada sejumlah fungsi penting yang ditugaskan untuk individu ini di hampir semua organisasi. Apa saja ke 9 peran itu?

  1. Memonitor semua operasi dan infrastruktur.

Ini bisa berupa sesuatu yang Anda lakukan sendiri, atau Anda bisa memimpin tim – dengan cara apa pun, roti dan mentega harian Anda melibatkan melalui peringatan dan log (keamanan komputer yang setara dengan pengawasan video) untuk mengawasi digital digital organisasi Anda jejak keamanan.

  1. Memelihara semua alat dan teknologi keamanan.

Ini bisa menjadi tanggung jawab bersama atau satu-satunya tanggung jawab manajer keamanan TI dan tim mereka.

  1. Memantau kepatuhan terhadap kebijakan internal dan eksternal.

Anda ingin memastikan bahwa vendor dan karyawan Anda memahami kebijakan manajemen risiko keamanan siber Anda dan bahwa mereka beroperasi dalam kerangka kerja itu. Manajer keamanan TI adalah perwujudan kebijakan yang hidup, Anda bertanggung jawab untuk memastikan segala sesuatunya sejalan secara internal.

  1. Memantau kepatuhan terhadap peraturan.

Ini sangat penting jika Anda berada dalam industri yang sangat diatur dan sedang berhadapan dengan hal-hal seperti informasi kartu kredit, data perawatan kesehatan, atau informasi pengenal pribadi lainnya.

  1. Bekerja dengan berbagai departemen dalam organisasi untuk mengurangi risiko.

Dari kontrol teknis hingga kebijakan (dan segala sesuatu di antaranya), Anda kemungkinan akan ditugasi untuk bekerja membuat semua orang berada pada pemahaman yang sama.

  1. Menerapkan teknologi baru.

Jika organisasi Anda mencari teknologi baru, Anda harus mengevaluasinya dan membantu menerapkan kontrol apa pun yang dapat mengurangi risiko operasinya.

  1. Kebijakan dan kontrol audit secara terus menerus.

Keamanan dunia maya adalah proses melingkar, dan sebagai manajer, Anda harus mendorong proses itu ke depan. Ini berarti secara teratur mengaudit kebijakan dan kontrol yang Anda lakukan. Audit ini akan memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang perlu Anda perbaiki, remediasi, atau cepat perbaiki.

  1. Memastikan cybersecurity tetap di radar organisasi.

Apakah sepertinya organisasi yang Anda miliki tidak proaktif tentang keamanan siber? Sebagai manajer keamanan TI, tugas Anda adalah membuat manfaat terlihat jelas dan memperjuangkan semua upaya ke depan.

  1. Merincikan program respons insiden keamanan.

Setiap organisasi harus memiliki rencana tindakan yang terdefinisi dan terdokumentasi dengan baik jika terjadi insiden keamanan.

Sebagai Manajer Keamanan Informasi, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa program ini diuji di seluruh organisasi dan bahwa setiap manajer tingkat tinggi mengetahui tugasnya selama insiden tersebut. Ini mungkin tanggung jawab yang hanya dimiliki oleh Anda.

Tunjukkan keahlian Anda dalam tata Kelola keamanan informasi, pengembangan dan manajemen program, manajemen insiden dan manajemen risiko dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi CISM.

Angkat kredibiltas Anda dan dapatkan lebih banyak peluang.

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat