Internet Indonesia Makin Ngebut

Jakarta – Laporan State of the Internet yang baru saja dirilis Akamai awal Januari 2015 ini menyebutkan bahwa rata-rata kualitas koneksi internet berbasis fixed broadband di Indonesia melesat cepat.

pada kuartal ketiga 2014 kecepatan rata-rata internet di Indonesia mencapai 3,7 Mbps. Angka itu meningkat 149% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya dan 49% lebih baik ketimbang kuartal kedua 2014.

Indonesia disebut-sebut sudah mendekati China dan meninggalkan Vietnam, Filipina, dan India. Tetapi, masih jauh dari Korea Selatan yang memiliki kecepatan rata-rata 25,3 Mbps, diikuti oleh Hong Kong dan Jepang.

Diperkirakan hingga saat ini ada 35% pengguna di Indonesia yang memiliki sambungan Internet dengan kecepatan lebih dari 3 Mbps. Sekitar 3,3% memiliki sambungan dengan kecepatan lebih dari 10 Mbps, dan 0,9% yang memiliki koneksi di atas 15 Mbps.

Namun sayangnya persentase ini belum termasuk angka pengguna mobile broadband. Tahun lalu pengguna mobile data di Indonesia hanya mampu merasakan kecepatan internet sekitar 512 Kbps sampai 1 Mbps. 

Rata-rata kecepatan internet mobile broadband di Indonesia sebenarnya masih bisa naik lebih pesat jika jaringan 4G LTE kian merata di seluruh wilayah, sehingga adopsi pelanggan bisa digenjot lebih cepat.

Sementara riset GSMA Intelligence memproyeksi Indonesia bisa mendapatkan 10 juta pengguna LTE dalam kurun waktu dua tahun sejak komersialisasi dimulai akhir 2014 lalu.

Sumber: detik

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?