Keamanan Aplikasi Seharusnya Menjadi Prioritas

Di dunia yang semakin terhubung, keberadaan aplikasi sangat penting. Aplikasi memegang peranan penting sebagai salah satu channel untuk melakukan delivery antara pengguna dengan sistem yang ingin diakses. Pada era sekarang ini, paradigma desktop kini sudah mulai bergeser menjadi mobile first. Setiap orang kini dapat bekerja tanpa harus ke kantor dan cukup menggunakan perangkat pribadi mereka. Selain maraknya konsep mobile first, eksistensi cloud computing dan big data menjadi salah satu faktor pendorong mengapa aplikasi menjadi sedemikian penting.

F5 Networks merilis sebuah survei tentang Lanskap Application Delivery di Asia-Pasifik Tahun 2015. “F5 Networks menyurvei 3.226 responden yang terdiri dari para pembuat keputusan dalam bidang TI tentang layanan aplikasi yang sudah atau akan mereka terapkan di dalam sistem TI perusahaan mereka,” kata Fetra Syahbana, Country Manager F5 Networks Indonesia.

“Setidaknya ada empat temuan kunci dari survei tersebut yaitu, aplikasi semakin populer, fleksibilitas teknologi cloud sudah tidak bisa dielakkan lagi, keamanan aplikasi menjadi prioritas nomor satu dan masih banyak tantang yang dihadapi dalam penerapan aplikasi,” ujar Fetra di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Fetra menjelaskan bahwa keamanan, kenyamanan dan ketersediaan sebuah aplikasi sangatlah penting untuk menunjang bisnis perusahaan ataupun operasional pemerintah.

“Kita ambil contoh internet banking. Aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan pengguna bertransaksi menggunakan Internet agar tidak perlu lagi memerlukan cara yang konvensional,” kata Fetra.

Ia melanjutkan, “Tidak bisa dibayangkan apa jadinya jika sebuah aplikasi internet banking sangat nyaman dan tersedia, tetapi tidak aman. Hal itu tentu sangat berisiko. Sehingga tidak heran bahwa melalui survei ini mayoritas perusahaan mulai memperhatikan sisi keamanannya.”

Dari survei yang dilakukan oleh F5 Networks tersebut sekitar 42 persen perusahaan memprioritaskan keamanan sebagai aspek paling utama. Simpulan dari survei ini adalah bisnis di Asia-Pasifik mulai menyadari pentingnya layanan aplikasi. Beberapa perusahaan amat bergantung pada layanan tersebut untuk menjaga tingkat kualitas layanan. Keberhasilan strategi tersebut bergantung sepenuhnya pada tingkat efektifitas infrastruktur keamanan yang diterapkan secara bersamaan.

Sumber: ciso.co.id

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?