Kemenkominfo: Sistem Keamanan Cyber Perlu Diperketat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan keamanan cyber perlu lebih diperhatikan lagi ditengah kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini.

Henri Subiakto, Staf Ahli Mentri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, mengatakan kemajuan di bidang tersebut memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Namun di samping memberikan kemudahan bagi manusia, teknologi informasi dan komunikasi juga membawa potensi ancaman yang berdampak besar pada kehidupan sosial manusia.

“Sebagian besar kehidupan dan aktivitas kita semua ada di dunia cyber seperti transaksi keuangan, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya sehingga kita harus menjaga jangan sampai digunakan oleh orang-orang jahat maupun pihak lain untuk melakukan kejahatan. Dalam kegiatan simposium ini akan dibahas lebih lanjut terkait hal itu,” ujarnya usai pembukaan Simposium Perlindungan Infrastruktur Informasi Kritikal di Indonesia, Rabu (27/7/2016).

Dia menambahkan, keamanan cyber merupakan hal yang penting sekali karena memang masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami transisi atau perpindahan aktivitas. “Dulu aktivitasnya melalui fisik seperti jual beli langsung di pasar tradisional, kemudian pendidikan ada di kelas-kelas. Namun sekarang aktivitasnya sudah berpindah ke dunia cyber sehingga security di dunia cyber itu menjadi penting,” tegasnya.

Henri mengharapkan, masyarakat akan lebih memperhatikan hal tersebut. “Sebenarnya dunia cyber adalah kehidupan kita, kalau itu tidak diurus sama saja dengan tidak mengurus kehidupan kita. Kami melihat bahwa kultur kita terhadap keamanan masih kurang oleh karena itu kita semua mempunyai tugas untuk meningkatkan awareness masyarakat baik dunia fisik maupun dunia maya karena keduanya itu bagian kehidupan kita,” imbuhnya.

Sumber berita: industri.bisnis.com
Sumber foto: starttoendnetworks.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?