Konsep Dasar Web Design

Website atau situs adalah kumpulan halamanhalaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masingmasing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Sebelum membuat web secara profesional, tugas penting sebagai seorang pengembang web adalah memberikan ide dan gagasan tentang point apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah halaman web. Dengan demikian, seorang pengembang web juga perlu berkonsultasi dengan pemilik web itu sendiri agar segala sesuatu yang menjadi tujuan pemilik web dapat terpenuhi.

Untuk menjadi seorang pengembang web profesional tidaklah mudah karena harus memadukan antara bahasa pemrograman web dengan nilai seni yang terdapat dalam setiap halaman web. Keduanya harus dimiliiki, jika salah satu saja maka belum bisa disebut sebagai seorang pengembang web profesional. Meskipun pintar bahasa php dalam membuat web, tapi jika tidak didukung oleh jiwa seni maka hasilnya kurang maksimal. Begitu pula sebaliknya, jika hanya pandai membuat tampilan halaman web tapi tidak didukung oleh pengetahuan tentang bahasa pemrograman web maka hal itu akan sia-sia saja.

Berikut ini terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah website :

Dapat Digunakan (Usability)

Usabilitas merupakan hal yang sangat penting dalam merancang web (web design).¬†Memang sangat baik jika memiliki sebuah website dinamis yang nampak profesional¬†dan bagus, namun jika perlu waktu yang sangat lama untuk mendownload sebuah¬†artikal atau penggunaan navigasinya sangat rumit maka tidak heran jika pengguna akan¬†‚Äúhengkang‚ÄĚ dari website Anda dan tidak akan kembali¬†lagi.

Navigasi (Navigation)

Navigasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah website yang berfungsi untuk membantu pengguna (user) dalam menjelajah website kita untuk mencari informasi yang diinginkan secara mudah. Navigasi yang bagus mencerminkan struktur website yang sangat baik.

Konsep Penulisan (Writing Concept)

Teknik penulisan dalam web berbeda dengan penulisan untuk publikasi (cetak). Waktu merupakan hal sangat penting bagi mereka yang menggunakan Internet, sehingga para pengguna Internet tidak akan membuang waktunya hanya untuk membaca teks yang sangat banyak sekali. Riset membuktikan bahwa para pengguna cenderung meneliti teks dalam layar monitor.

Kesederhanaan (Simplicity)

Kesederhanaan merupakan hal penting dalam membuat sebuah web profesional. Sederhana di sini bukan dalam arti tampilan sebuah situs, namun lebih mengarah ke teknik penulisannya.

Mudah Diakses (Accessability)

Suatu hal yang mudah diakses ke semua orang dengan mengabaikan browser, paltform,¬†sistem operasi, tersambung atau putus merupakan hal yang sangat utama untuk¬†mempertimbangkan ketika merancang sebuah website. Anda tidak perlu menghalangi¬†seorang pengguna web keluar, siapa saja bisa menjadi potensi menjadi pengunjung/¬†pelanggan. Setelah sebuah website mudah diakses, membuat penggunaan website Anda akan banyak diakses oleh pengguna/pengunjung. Mudah digunakan = Pengunjung akan¬†kembali. Sulit digunakan = Pengunjung akan ‚Äúkapok‚ÄĚ.

Kebutaan Warna (Color Blindness)

Sekitar satu dari sebelas orang mungkin tidak mampu menggunakan website Anda berkaitan dengan beberapa format kebutaan warna (color blindness). Yang terbaik, website Anda tidak akan nampak pada orang yang buta warna seperti yang telah Anda rancang. Sialnya lagi, hal ini bisa jadi teks tidak terbaca, navigasi yang sulit digunakan dan elemen lain yang tersembunyi.

Referensi: ilmukomputer.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?