Mengenal VAPT Testing

VAPT (Vulnerability Assesment and Penetration Testiing) dalam bahasa Indonesia merupakan penilaian kerentanan dan pengujian penetrasi merupakan berbagai layanan pengujian keamanan yang dirancang untuk mengidentifikasi dan membantu mengatasi kerentanan keamanan siber.

Untuk memastikan bahwa Anda memilih jenis penilaian yang tepat sesuai kebutuhan organisasi Anda, penting untuk memahami layanan VAPT dan perbedaan di antara mereka. Beragamnya pegujian VAPT menentukan kedalaman, harga dan ruang lingkup pengujian.

VAPT adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengujian keamanan yang dirancang untuk mengidentifikasi dan membantu mengatasi kerentanan keamanan cyber. VAPT dapat mencakup apa saja mulai dari penilaian kerentanan otomasi hingga pengujian penetrasi yang dilakukan oleh manusia dan red team.

Mengapa VAPT dibutuhkan?

Alat, taktik, dan prosedur dalam dunia siber terus berkembang, dan tentu saja ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang memiliki keinginan buruk. Dengan perkembangan ini, penting bagi Anda untuk terus menguji kemanan siber secara berkala.

VAPT membantu organisasi Anda dengan memberikan visibilitas kelemahan keamanan dan panduan untuk mengatasinya. VAPT semakin penting bagi organisasi yang ingin mencapai kepatuhan dengan standar-standar keamanan informasi termasuk GDPR, ISO 27001 dan PCI DSS.

Definisi luas dari VAPT berarti berbagai layanan yang digambarkannya seringkali membingungkan dan tumpeng tindih. Sebelum melakukan segala bentuk pengujian keamanan VAPT, organisasi harus mengetahui layanan yang penilaiannya dapat meliputi:

  • Vulnerability Assessment:
    Mencakup pemindaian kerentanan, dirancang untuk membantu mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan mengatasi risiko keamanan. Layanan penilaian kerentanan juga memberikan dukungan dan saran berkelanjutan yang diperlukan untuk mengurangi risiko yang teridentifikasi.
  • Penetration testing:

Penilaian keamanan berlapis-lapis yang menggunakan kombinasi mesin dan teknik yang dipimpin manusia untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan dalam infrastruktur, sistem dan aplikasi. Dilakukan oleh peretas etis profesional mencakup laporan pasca penilaian, yang merinci setiap kerentanan yang ditemukan dan panduan remediasi untuk membantu mengatasinya.

Jenis-jenisnya:

  • Internal/external infrastructure testing
  • Web application testing
  • Wireless network testing
  • Mobile application testing
  • Build and configuration review testing
  • Social engineering testing
  • Red Team Operation Testing

Merupakan penilaian keamanan paling mendalam yang tersedia. Dengan memanfaatkan teknik dan kecerdasan permusuhan modern, tim merah mensimulasikan pendekatan musuh di kehidupan nyata untuk menguji kemampuan organisasi untuk mendeteksi dan merespons ancaman yang terus-menerus.

Penting kiranya bagi organisasiuntuk melakukan dan mengetahui ap aitu VAPT, terutama di dunia yang serba digital saat ini. Anda bisa menghubungi call canter kami untuk tahu info lebih lanjut jika Anda ingin melakukan VAPT testing dan atau ikuti pelatihan kami :

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?