Path Diserang Hacker??

Tak lama setelah kabar tumbangnya layanan Path mencuat, di layanan pesan instan juga turut beredar isu penyebab gangguan dari media sosial tersebut. 

Konon, gangguan ini terjadi setelah adanya serangan peretas pada server pusat Path di Virginia. Lebih lanjut, pesan berantai itu menyebutkan, analis cyber dari FBI memperkirakan bahwa telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path. 

Apa benar? Sebaiknya, jangan langsung percaya. Sebab, Path sudah membantah rumor tersebut.

Path sendiri saat ini terus memberikan update soal status layanannya lewat @path di Twitter. Lewat akun tersebut, layanan yang sekarang sudah menjadi milik Daum Kakao itu memberikan estimasi waktu perbaikan yang dibutuhkan. 

Dimulai dari 12 jam yang diposting pada Kamis (4/3/2016) malam, kemudian pada Jumat (4/3/2016) disebutkan waktu perbaikan diperpanjang dengan tambahan 10 jam lagi.

Selain itu, menggali informasi dari sejumlah situs teknologi global, tak ada satu artikel pun yang menuliskan kabar soal isu penyerangan hacker terhadap server Path. Padahal jika ada kabar yang membawa-bawa nama FBI biasanya bakal mudah menemukan postingan laporannya di berbagai situs asing.

Pihak Path pun mengaku masih coba mencari tahu soal masalah teknis yang tengah terjadi. 

Sementara untuk kabar penyerangan server Path oleh hacker seperti yang beredar menjadi pesan berantai ditegaskan Path, tak bisa dipertanggungjawabkan.

“Terkait rumor yang beredar, atau apapun yang tidak kami tuliskan di akun Twitter resmi kami, itu adalah kabar bohong. Mohon untuk tidak mempercayai konten apapun yang tidak didistribusikan oleh Path,” sebut pernyataan resmi Path, Jumat (4/3/2016).

Berikut adalah isi hoax yang beredar di berbagai grup pesan instan terkait serangan hacker ke server Path:

New york – Departemen cyber crime FBI (Federal Beareau of Investigation) baru saja melaporkan bahwa telah terjadi serangan peretas pada server pusat Path di Virginia. Analis cyber dari FBI memperkirakan bahwa telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path. 

Pihak Path Inc. belum bisa dikonfirmasi untuk hal tersebut, tapi mengingat maintenance aplikasi yang dilakukan beberapa jam yang lalu, bisa jadi analisa yang dilakukan oleh pihak Departemen Cyber FBI adalah benar.

Saat ini jutaan pengguna aplikasi Path mengalami gangguan penggunaan aplikasi tersebut di handled Android dan iPhone. Diperkirakan Path Inc. Sedang melakukan maintenance update security server dan backup data.

Dikutip dari halaman cooltech.com disarankan untuk para pengguna aplikasi Path untuk melakukan log out dan reset password. Hal tersebut untuk menghindari pencurian baik data pribadi maupun foto yang sudah diunggah di aplikasi Path.

Sumber berita: detik.com
Sumber foto: service.path.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?