Pemimpin Organisasi Produsen Malware Dijatuhi Hukuman Penjara

Pemimpin Blackshades, Alex Lucel dijatuhi hukuman empat tahun penjara oleh pemerintah Federal AS atas dakwaan penjualan malware pada organisasi penjahat siber. Blackshades adalah salah satu organisasi yang memiliki keahlian dalam memproduksi malware dan menjualnya pada organisasi penjahat siber. Organisasi tersebut sudah menjadi incaran pemerintah AS sejak lama.

Yucel adalah pemuda 24 tahun asal Swedia yang menjadi pemimpin dari organisasi Blackshades. Di samping catatan kriminalnya di mata pemerintah AS, Yucel adalah pemuda brilian. Dia adalah otak dari pengembangan malware Blackshades RAT (Remote Access Trojan). Malware tersebut memiliki kemampuan unik. Trojan itu mampu mengambil alih dan memanipulasi komputer korban dari jarak jauh serta memungkinkan penjahat siber untuk mengakses data-data pribadi.

Hakim Distrik Manhattan Kevin Castel menyatakan bahwa Yucel bersalah karena terbukti menjual Blackshades RAT pada organisasi penjahat siber. Menurut bukti-bukti yang dipaparkan oleh pengadilan, Blackshades RAT yang dikembangkan oleh Yucel digunakan hampir oleh semua organisasi penjahat siber. Hukuman yang diberikan oleh Castel terbilang cukup ringan. Sebelumnya, jaksa penuntut umum meminta pengadilan memberikan hukuman 7 hingga 12 tahun penjara bagi Yucel.

Yucel ditangkap di Moldova dan langsung diekstradisi ke AS. Pemerintah AS mengatakan bahwa Yucel adalah perekayasa malware utama di organisasi Blackshades dan selalu menggunakan nama alias yaitu “marjinz”. Jaksa penuntut umum dari distrik Manhattan, Preet Bharara menjelaskan bahwa Yucel bertindak sebagai perekayasa,marketing dan pemimpin dari Blackshades itu sendiri.

“Tujuan dari Blackshades RAT itu hanya satu, mendapatkan akses penting pada sistem komputer korban,” tandas Bharara. “Akan tetapi, era kekuasaan Blackshades sudah berakhir. Setidaknya itu akan meminimalisir jumlah korban,” sambungnya.

Awal mula penahanan Yucel dimulai ketika pemerintah AS bekerja sama dengan Uni Eropa untuk menanggulangi kejahatan siber yang marak saat ini. Investigasi mereka membuahkan hasil. Keduanya berhasil menangkap sekitar 100 orang yang diperkirakan memiliki koneksi langsung dengan Yucel. Pemerintah AS mengatakan bahwa Blackshades RAT telah digunakan oleh penjahat siber di 100 negara. Mereka memprediksi bahwa di bawah kepemimpinan Yucel Blackshades meraup untung sekitar 350 ribu dolar AS pada bulan April 2014 yang lalu.

Sumber: ciso.co.id

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?