PERANAN KONSULTAN DALAM SERTIFIKASI ISO

Apakah perusahaan Anda tertarik untuk menerapkan ISO? Banyak perusahaan melihat kepentingan penyusunan ISO adalah hanya untuk kebutuhan sertifikasi saja sehingga menyerahkan seluruh penyusunan ISO kepada konsultan dan berharap bahwa konsultan yang dapat mengerjakan seluruhnya.  Mungkin benar, apabila tujuan akhir dari perusahaan adalah untuk mendapatkan sertifikasi, namun apabila tujuan dari program ini adalah untuk pemeliharaan dan perbaikan perusahaan, tentunya peranan konsultan harus menjadi pertimbangan utama.
Merujuk pada kamus besar bahasa indonesia, pengertian dari konsultan adalah:
“kon·sul·tan n ahli yg tugasnya memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dl suatu kegiatan (penelitian, dagang, dsb); penasihat”
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa konsultan ISO adalah seorang yang memiliki keahlian dalam memberikan petunjuk atau nasihat dalam rangka penerapan sistem manajemen di suatu perusahaan atau organisasi. Konsultan ISO haruslah orang yang memiliki jejak rekam panjang dalam menangani berbagai macam perusahaan dari berbagai bidang dan bukan dalam suatu bidang saja.
Dengan adanya peran dari konsultan ISO dapat memastikan organisasi dan perusahaan anda di dalam menjalankan semua sistem manajemen ISO berjalan dengan baik dan sesuai dengan persyaratan – persyaratan di dalam ISO tersebut.
Apa saja keuntungan menggunakan jasa konsultan ISO? Berikut kami jelaskan beberapa keuntungan menggunakan jasa konsultan ISO:
  1. Dapat meningkatkan pemahaman organisasi mengenai ISO
Bagi perusahaan dan organisasi yang ingin menerapkan dan menjalankan serta mengimplementasikan sistem manajemen ISO harus mengerti dan memahami setiap sistem manajemen ISO, baik itu ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 27001 dan lain sebagainya. Maka dari itu peran konsultan ISO sangat dibutuhkan karena dengan adanya keterampilan dan keahlian yang dimilikinya dapat membantu perusahaan dan organisasi di dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang sistem manajemen ISO yang di bangun oleh organisasi tersebut.
  1. Mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari sistem manajemen ISO yang di bangun.
Dengan adanya pengalaman dari konsultan ISO di dalam mengembangkan dan membangun sistem manajemen ISO di berbagai macam perusahaan dan organisasi maka tentu saja dapat membantu organisasi anda dan perusahaan anda dengan cara yang lebih cepat, efisien dan tentu efektif.
  1. Dapat memberikan saran dan masukan ke perusahaan dan organisasi.
Dengan adanya keahlian yang dimiliki dari konsultan ISO tentu dapat membantu perusahaan dan organisasi didalam mengarahkan sistem manajemen ISO yang sedang dibangun dan dikembangkan dengan demikian konsultan iso dapat memberikan arahan serta masukan jugan saran di dalam membuat kebijakan mutu, sasaran mutu, rencana, prosedur dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi di perusahaan. Jika ada kebijakan, atau sasaran dan rencana yang kurang sesuai maka konsultan ISO tersebut dapat memberikan saran serta masukan yang diperlukan.
  1. Dapat membantu perusahaan dalam melihat resiko proses internal.
Jasa Konsultan ISO melaksanakan audit internal di organisasi dan perusahaan serta pre asses audit sebelum pelaksanaan audit oleh pihak eksternal, pada audit ini tentu auditor akan melihat dan mereview sistem manajemen ISO yang telah dirancang oleh organisasi dan perusahaan sehingga konsultan ISO akan dapat memberikan masukan dan input terkait dengan resiko proses dari sistem manajemen ISO yang sedang dijalankan.
  1. Dapat membantu dan meningkatkan kepercayaan organisasi dalam menghadapi auditor eksternal
Pada saat audit eksternal dilaksanakan oleh badan sertifikasi ISO maka konsultan ISO akan mendampingi organisasi dan perusahaan anda. Sebelumnya konsultan akan melakukan try out atau simulasi audit sama seperti yang akan dilakukan oleh lembaga sertifikasi ISO yang anda pilih, dengan demikian seluruh staff tentu akan lebih percaya diri dan siap saat menghadapi auditor dari badan sertifikasi ISO.
  1. Dapat membantu perusahaan dalam bernegosiasi dengan Lembaga Sertifikasi
Biasanya konsultan ISO mempunyai kerjasama dengan lembaga sertifikasi ISO, sehingga konsultan sangat mengerti mengenai kontrak klien dengan lembaga tersebut, dengan demikian konsultan ISO bisa memberikan bantuan kepada organisasi anda dalam bernegosiasi dengan lembagas sertifikasi agar organisasi bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.
  1. Dapat membantu perusahaan menjaga sistem manajemen ISO
Dengan adanya kontrak kerjasama yang sudah disepakati tentu bisa membantu perusahaan di dalam mengembangkan, merawat atau menjaga sistem manajemen ISO yang sudah di bangun, seperti misalnya melakukan kunjungan rutin ke perusahaan yang baru mendapatkan sertifikat iso dengan mengunjungi secara berkala dalam 1 bulan sebanyak 1 kali, dengan demikian implementasi sistem manajemen ISO dapat tetap terjaga dengan baik.
Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab dari konsultan ISO? Konsultan ISO memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
  1. Konsultan ISO harus memberikan training ISO atau pelatihan ISO di awal proses konsultasi ISO untuk memastikan pihak perusahaan memahami persyaratan ISO.
  2. Konsultan ISO harus membantu perusahaan dalam mengembangkan sistem dokumentasi manajemen ISO apapun termasuk menentukan proses apa saja yang perlu dibuatkan dokumen mutu atau rekaman mutunya.
  3. Konsultan ISO harus memberikan pelatihan ISO atau Training ISO tentang panduan pelaksanaan internal audit sistem manajemen ISO. Konsultan ISO juga perlu untuk memberikan bimbingan dalam menindaklanjuti hasil temuan audit internal.
  4. Konsultan ISO juga perlu untuk membimbing pelaksanaan salah satu kegiatan wajib yang dipersyaratkan oleh sistem manajemen ISO yaitu rapat tinjauan manajemen.
  5. Konsultan ISO harus melakukan audit pre-assesment yang tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada lagi persyaratan ISO yang belum diterapkan. Dengan kata lain, tidak ada lagi kemungkinan ditemukannya temuan yang bersifat majour (fatal) yang mengakibatkan kegagalan mendapatkan sertifikat ISO.
Demikianlah peran dan tanggung jawab seorang konsultan ISO  yang bisa anda jadikan penilaian apakah konsultan ISO yang anda pilih telah melakukan peran dan tanggung jawabnya dengan baik.

Baca Juga :

Urgensi ISO/IEC 27001:2013 dan gambaran umum penerapan ISO 27001 Indonesia

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat