PPATK Lakukan Evaluasi dan Simulasi BCP dalam Rangka Mengimplementasikan BCMS

Workshop Pendampingan Simulasi dan Evaluasi Business Continuity Planning (BCP) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merupakan lembaga sentral (focal point) yang mengkoordinasikan pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di Indonesia. Secara internasional PPATK merupakan suatu Financial Intelligence Unit (FIU) yang memiliki tugas dan kewenangan untuk menerima laporan transaksi keuangan, melakukan analisis atas laporan transaksi keuangan, dan meneruskan hasil analisis kepada lembaga penegak hukum.

Untuk mendukung semua kegiatan-kegiatan tersebut, PPATK butuh suatu sistem manajemen keberlangsungan bisnis atau sering disebut Business Continuity Management Systems (BCMS).

Business Continuity (Keberlangsungan Bisnis) diperlukan karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa kegiatan bisnis perusahaan selalu dapat berjalan dengan normal dan distruptive incident seringkali menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (02/11/2017) dibuka oleh Sekretaris Utama PPATK, Bapak Bjardianto Pudjiono yang didaulat juga sebagai Koordinator BCP dalam struktur organisasi BCP di PPATK. Beliau sangat mendukung kegiatan ke 3 dari serangkaian kegiatan sebelumnya dari PPATK untuk mengimplementasikan BCMS di PPATK.

“Tim hari ini yang hadir di Pusdiklat PPATK adalah para agent yang akan menjadi percontohan bagi seluruh pegawai PPATK” ujarnya.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksanan (ORTALA) Bapak Achmad Sukroni memberikan sedikit sambutan sebelum mempresentasikan hasil evaluasi dokumen BCMS PPATK, beliau menceritakan bahwa saat ini PPATK menjadi salah satu lembaga yang dijadikan percontohan oleh Kementerian atau Badan atau Lembaga lainnya terkait proses bisnis.

Usai Mempresentasikan Dokumen BCMS PPATK, Direktur Proxsis Global Solusi, Bapak Andrianto Moeljono salah satu Pakar BCMS Indonesia, yang didaulat sebagai narasumber dan penasihat untuk implementasi BCMS di PPATK akan melakukan evaluasi atas dokumen BCMS PPATK, dan di lanjutkan untuk memberikan arahan untuk kegiatan simulasi BCP yang dikegiatan selanjutnya.

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?