Serang 3 Bank, Hacker Minta Tebusan Bitcoin

Bank sentral Yunani meningkatkan tingkat kewaspadaannya setelah muncul laporan soal serangan cyber yang menimpa 3 bank di Yunani. Dalam serangan tersebut, si hacker meminta tebusan dalam bentuk mata uang bitcoin.

Kepolisian Yunani menyebut grup hacker tersebut menyebut dirinya sebagai Armada Collective dan meminta uang tebusan dalam mata uang bitcoin, yang setara dengan ratusan ribu euro.

Jika uang tebusan tersebut tak diberikan, si hacker mengancam akan merusak situs-situs milik tiga bank tersebut. “Ini adalah ancaman yang serius,” ujar seorang sumber dari Bank of Greece, seperti dikutip dari DW English, Selasa (12/1/2015).

Namun ke-3 bank tersebut menolak untuk membayar uang tebusan, melainkan malah melaporkan ancaman ini ke pihak yang berwajib.

Si hacker pun menepati janjinya. Mereka berhasil membuat sistem online banking dari ke-3 bank tersebut crash selama beberapa jam pada 26 November lalu. Namun pihak bank menyebut bahwa tak ada data penting ataupun data nasabah yang terancam.

“Mereka cuma bisa memblok web banking selama beberapa jam. Tak ada yang lainnya,” ujar seorang bankir yang menolak disebutkan namanya. Bank sentral Yunani menyebut bahwa polisi cybercrime Yunani dan biro intelijen Yunani berhasil memperbaiki sistem ke-3 bank tersebut dalam waktu satu jam.

Sumber berita: detik.com
Sumber foto: bitcoinembassynl.nl

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?