“Strong Password”, Senjata Ampuh Pencegah Hacker

Strong password selalu sulit untuk diciptakan, diingat, dan diketik. Itulah sebabnya sebagian besar orang membuat password yang lemah dan paling mudah diingat. Padahal password yang kuat sangat penting sebagai penjaga dari hacker dan snoopers masuk ke dalam account online Anda.

Berikut akan dikemukakan beberapa trik untuk menciptakan password yang mudah dibuat dan mudah diingat. Sebelum membahas itu, harus di ingat mengenai tiga hal dasar dalam menciptakan strong password.

  1. Jangan menciptakan password yang mudah untuk ditebak

Sering kali terdapat kasus penerobosan data dan user password yang terekspos, perusahaan security membuat list password yang sering digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Terdapat lima password yang umum digunakan diantaranya “123456,” “123456789,” “password,” “adobe123” dan “12345678.”

Hacker pun akhirnya melihat list ini, mereka memiliki program komputer yang dapat menebak password yang umum digunakan, ditambah jutaan password lainnya, hanya dalam satu menit. Bahkan password yang Anda pikir sulit sekalipun, bagi hacker tidak sesulit itu untuk menebak password Anda.

Lembaga riset Departmen Pertahanan, DARPA, merilis sebuah studi pada tahun 2013, yang isinya mengenai pelacakan password pada 100 perusahaan besar terkemuka di Amerika Serikat dan mereka menemukan bahwa sekitar setengah dari perusahaan tersebut menerapkan lima pola pada umumnya. Berikut akan dijabarkan tiga pola dari sekian banyak pola yang sering digunakan.

  • Satu huruf besar, lima huruf kecil, dan tiga digit angka (Contoh: Komand123)
  • Satu huruf besar, enam huruf kecil, dan dua digit angka (Contoh: Komando12)
  • Satu huruf besar, tiga huruf kecil, dan lima digit angka (Contoh: Koma12345)

Inilah yang dilakukan sebagian besar orang tanpa dipikir terlebih dahulu. Tetapi, jika Anda menciptakan password dengan menggunakan banyak pola dari pola –pola yang ada pada umumnya, justru hal itu akan membuat kinerja Password-Guessing Program jauh lebih mudah.

Strong password adalah yang berisikan koleksi acak dari huruf (huruf besar dan huruf kecil, angka-angka, dan simbol-simbol. Tentu saja password seperti itu akan sulit diingat. Namun kita akan membahas lebih jauh mengenai hal ini.

  1. Buatlah password dengan jumlah delapan karakter atau lebih

Hacker tidak hanya duduk di depan computer, dan mencoba menebak password Anda. Namun tidak jarang hacker juga memanfaatkan saudara atau orang terdekat Anda sebagai sumber untuk mendapatkan password. Maka dari itu, menciptakan password dengan memakai nama orang, anak, saudara, binatang peliharaan, akan rentan terhadap serangan hacker. Hacker bisa mendapatkan jutaan password perusahaan bukan hanya dari program komputer, namun dari sumber yang lainnya.

Jika perusahaan menerapkan security yang baik, password yang bocor akan di enkripsi sehingga hanya menjadi tumpukan huruf dan angka. Tetapi hanya dengan membandingkan password satu dengan yang lainnya, hacker dapat mengetahui skema enkripsi dan decode password yang sebenarnya. Bahkan dengan perangkat komputer canggih, hacker dapat memecahkan puluhan ribu password dalam beberapa jam saja.

Password yang pendek lebih mudah untuk dipecahkan. Hacker akan menargetkan password-password yang pendek terlebih dahulu. Password yang lebih panjang membuat hacker memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan kode, selama mereka tidak sejelas seperti “123456789”.

Banyak hacker yang tidak mau merepotkan diri pada password yang terdiri dari delapan karakter atau lebih karena itu akan memakan waktu lama. Tentu saja, dengan komputer yang hebat sekalipun, memecahkan password dengan karakter panjang akan sedikit memakan banyak waktu. Maka akan lebih baik jika Anda menciptakan password dengan menggunakan 10 karakter atau lebih.

  1. Jangan menggunakan password yang sama dimana-mana

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, kebanyakan hacker bukan mencoba untuk menebak password Anda. Namun sekali mereka mendapatkan salah satu password Anda, dengan menyusup ke dalam data atau virus pada komputer Anda, mereka akan dapat mengakses account online Anda yang lain dengan menggunakan password yang sama tersebut.

Itulah sebabnya mengapa Anda perlu menciptakan password yang unik untuk setiap akun, terutama untuk penggunaan bank atau aktivitas finance lainnya. Karena kebanyakan hacker akan menghindari strong password kemudian beralih ke target yang lebih mudah.

Dari pernyataan diatas, dapat dirangkumkan tiga landasan dasar dalam menciptakan strong password:

  1. Password harus terdiri dari koleksi random dari huruf (huruf besar dan huruf kecil), angka-angka, dan symbol-simbol.
  2. Password harus terdiri dari delapan karakter atau lebih.
  3. Anda harus membuat password yang unik untuk setiap akun.

Referensi: foxnews.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat