TELKOM Indonesia Raih Sertifikasi Teknologi International ICP (Interoperability Compliance Program)

Wireless Broadband Alliance (WBA) merupakan badan dunia yang bertujuan untuk menjaminkan tersedianya layanan pelanggan yang terbaik melalui inovasi teknologi, interoperabilitas dan tingkat keamanan yang tinggi dengan implementasi Next Generation WiFi.

WBA berdiri sejak tahun 2003 dan menaungi lebih dari 100 anggota seperti Telco carrier dan WiFi Service Provider Tier-1 : AT&T, BT, PCCW, KT, SKT, NTT DOCOMO, Comcast, Time Warner Cable, China Mobile, dan penyedia teknologi global : Cisco, Google, Intel, Apple, Samsung dan lainnya.

Salah satu program utama WBA adalah memfasilitasi WiFi Service Providers untuk menyediakan layanan Roaming Internasional, dengan terlebih dahulu memvalidasi kapabilitas layanan dan infrastruktur WiFi masing-masing Service Provider agar sesuai dengan persyaratan dan kualitas standar dunia.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menjadi anggota WBA sejak tahun 2013, dan telah mengikuti proses validasi dan infrastruktur layanan WiFi melalui Indonesia WiFi dimulai sejak Januari 2014 dan berujung pada penetapan Telkom sebagai WiFi Service Provider ke-1 di Indonesia, dan ke-2 di Asia Tenggara dengan mendapatkan Sertifikat Interoperability Compliance Program (ICP) dari WBA, yang artinya merupakan pengakuan WBA bahwa kualitas layanan dan infrastruktur Indonesia WiFi telah sejajar dengan Service Provider WiFi kelas dunia lainnya.

Sertifikasi ICP diserahkan langsung oleh Senior Program Director WBA, Tiago Rodrigues, kepada Chief Technology Officer Telkom, Rizkan Chandra, dalam Seminar Nasional “Telkom Readiness to Implement The Best Quality of Indonesia WiFi for Future Seamless Communication”, di Hotel Ayodya Bali 22 Mei 2014 yang lalu.

Seminar dibuka oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementrian KOMINFO, Bambang Heru Tjahjono serta dihadiri oleh Ketua Umum MASTEL,APJI, Industri Telekomunikasi, British Telecom, iPass, Akademisi, Pelaku Industri Kreatif, Industri Pariwisata, Perbankan, Penyedia Jasa Internet Indonesia, Media Cisco,Elite Core, dll.

Manfaat nyata dari perolehan Sertifikasi ICP ini adalah terbukanya peluang implementasi Roaming Internasional, menstimulasi perkembangan industri Wireless Broadband Nasional, mengakselerasi percepatan penetrasi layanan broadband dan meningkatkan pertumbuhan sektor industri nasional yang memanfaatkan layanan broadband untuk meningkatkan daya saing, sehingga mempersempit kesenjangan Digital di tanah air.

“Perolehan Sertifikasi ICP ini semakin mengukuhkan semangat Telkom untuk memperluas jaringan pelayanannya di seluruh Indonesia, sesuai dengan Program Utama Indonesia Digital Network 2015 (IDN 2015) yang merupakan Mahakarya Telkom untuk Indonesia yang antara lain akan menyediakan 1 juta WiFi untuk masyarakat Indonesia,” ujar Rizkan.

Dalam event tersebut dipamerkan pula kesiapan layanan masa depan Indonesia WiFi, Uji Coba Layanan Hotspot 2.0 yang lebih dikenal dengan Next Generation Hotspot (NGH) di Bandara Ngurah Rai dan di lokasi seminar. Sehingga uji coba Layanan NGH ini telah menempatkan TELKOM Indonesia sebagai WiFi Service Provider Pertama di Asia yang telah berhasil menggelar layanan Hotspot 2.0/NGH.

PT.Telkom yang diwakili oleh anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia International (TELIN), mengikat kerjasama WiFi untuk International Roaming, dengan iPass. Kerja sama ini membuka peluang bagi pengguna WiFi dari manca negara untuk mendapatkan layanan WiFi secara otomatis (Seamless) ketika berkunjung ke Indonesia pada jaringan Indonesia WiFi dari Telkom.

Sumber : industri.bisnis.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]