Tips Cegah Pencurian Data Smartphone Berfitur NFC

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengamankan perangkat NFC (Near Field Communication) dari pencurian data, terutama pada kartu yang berbasis NFC. Pratama Persadha, Chairman CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) mengungkap beberapa hal untuk mencegah pencurian data.

  • Pertama, cara yang paling mudah adalah menjauhkannya dari jangkauan paling tidak 10 sentimeter. Namun, cara ini bukanlah hal yang mudah karena biasanya kartu diletakkan di dompet yang mudah dijangkau.
  • Kedua, lindungi kartu dengan menggunakan lembaran alumunium foil di dalam dompet, atau dekat dengan kartu untuk melindungi dari pembacaan yang tidak diinginkan.
  • Ketiga, jika Anda tidak ingin menggunakan fitur NFC (kartu berbasis magnetik dan RFID), Anda bisa membakar chip pada kartu dengan meletakkannya di dalam microwave selama 10 detik.
  • Keempat, solusi jangka panjang yang dapat dilakukan adalah dengan mengamankan transaksi contactless card. Kebanyakan kartu yang beredar belum melakukan enkripsi terhadap data PII atau menggunakan autentikasi tertentu untuk membaca PII. Seseorang yang mengetahui protokol dari kartu tersebut dapat mengekstrak data sensitif di dalamnya. Kartu berbasis NFC dapat menerapkan Public Key Infrastructure (PKI) untuk mengamankan pertukaran data antara kartu dan alat reader.
  • Kelima, lakukan pengamanan service bukan melakukan pengamanan kartu. Data PII yang disimpan di dalam kartu haruslah seminimal mungkin, sehingga tugas provider untuk menerapkan sistem yang dapat menyuplai data secara lengkap. Hal ini memang meningkatkan proses overhead di dalam sistem, namun lebih mudah mengamankan sistem daripada menyembunyikan protokol yang digunakan oleh kartu.

Dengan semakin mudahnya melakukan transaksi dengan NFC, semakin mudah juga cara yang digunakan untuk melakukan pencurian data, hanya dengan menggunakan perangkat mobile dan pengetahuan programming sederhana. Memang modus ini belum banyak terjadi di Indonesia, namun dengan perkembangan teknologi NFC bukan hal yang tidak mungkin ini akan terjadi di masa yang akan datang.

Ini harus menjadi perhatian masyarakat pada umumnya dan pihak penyedia layanan, pada khususnya, untuk meningkatkan keamanan sistem berbasis NFC agar menghindari pencurian data dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Sumber tips: techno.okezone.com
Sumber foto: smartag.my

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat