Tips Karier Sebagai Cyber Security

Setiap tahun perusahaan selalu berinovasi guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen atau pelanggannya. Tidak dapat dipungkiri, era yang serba digital, cepat, dan mudah akan mengintai setiap perusahaan dan pemilik bisnis. Ya, isitilah 4.0 memang tidak asing lagi. Digitalisasi saat ini memang mendatangkan keuntungan namun tidak jarang juga membawa kerugian bagi perusahaan. Salah satunya berkaitan dengan keamanan informasi perusahaan atau bahkan data pribadi pelanggan.

Jika kita sering mendengar adanya perusahaan perbankan di Indonesia yang sempat dibobol yang mengakibatkan dana nasabah raup hilang begitu saja. Perusahaan luar negeri pun seperti Cyber Security Kaspersky menemukan virus jahat bernama Trojan Ginp yang menyusup ke dalam ponsel hingga mampu membobol rekening bank. Wah, sangat bahaya bukan? Inilah kenapa pentingnya Cyber Security.

Cyber Security disinyalir sebagai profesi yang sangat menjanjikan. Kenapa tidak, menurut laporan dari Cisco terdapat sekitar 1 juta lowongan kerja tenaga Cyber Security di tahun 2015. Hal ini menandakan adanya peningkatan di tahun 2019 sebanyak 6 juta lowongan kerja. Berbicara soal gaji pun, tenaga Cyber Security rata-rata 9 persen lebih tinggi dibandingkan pekerja IT lainnya.

Lantas, apa saja tips berkarier di dunia Cyber Security? Berikut ulasannya:

1.Master the Basic

Pada dasarnya, jika Anda ingin menjajaki Cyber Security hal pertama yang harus Anda kuasai adalah memahami dasar-dasar dalam Cyber Security. Konsep cyber security bukanlah konsep yang sederhana. Serangan cenderung berkembang setiap hari ketika penyerang menjadi lebih inventif, sangat penting bagi pengguna Internet untuk mendefinisikan dengan tepat konsep cyber security dan mengidentifikasi seperti apa cyber security yang baik.

2.Find Mentor

Bertemu dengan mentor memungkinkan Anda untuk dapat mempelajari banyak hal. Carilah mentor yang kompeten dan jauh berpengalaman. Sebab, guru yang terbaik adalah pengalaman.

3.Improve Soft Skills

Peningkatakan kemampuan (skill) dasar yang dimiliki harus dan terus menerus ditingkatkan.

4.Join Community

Bergabung dengan komunitas memungkinkan Anda untuk tetap “upgrade” ilmu soal cyber security dan tentunya meningkatkan hubungan dalam profesi yang sama

5.Stay Hungry, Stay Foolish

Jika Anda sudah merasa kompeten di bidang cyber security, tetaplah untuk mengosongkan “gelas” Anda. Yakin dan percaya lah jika anda cepat puas maka Anda tidak akan bisa maju. Jadi, tetaplah merasa lapar dan haus untuk terus mempelajarinya.

6.Cybersecurity Career Path

Di tahun 2021 diprediksi setidaknya akan terdapat 3,5 juta pekerjaan atau posisi yang menunggu untuk diisi alias kosong karena terbatasnya tenaga profesional di bidang ini. Banyak yang berpendapat bahwa kekosongan tenaga profesional tersebut ada pada level ahli dan bukan pemula atau newbie. Sementara newbie semakin banyak akan tetapi tidak jarang dari mereka susah untuk maju atau berkembang menjadi ahli di bidang ini.

7.Certifications

Bagi Anda yang ingin terjun dan sungguh-sungguh untuk berkontribusi pada profesi cyber security pastikan Anda telah memiliki sertifikasinya.

Proxsis IT melalui ITG.ID Assesment turut mendukung minat dan bakat Anda tentunya melalui program konsultasi, sertifikasi, dan juga pelatihan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami ya.

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat