Tips Membuat Banyak Kombinasi Password yang Mudah Diingat

Password adalah hal sensitif yang sangat perlu dijaga karena menyangkut keamanan data dari pribadi seseorang yang akan berujung pada privasi. Semua orang tentu tidak ingin wilayah privasinya terganggu.

Salah satu cara untuk melindungi password adalah dengan menggantinya secara berkala dan tidak membagikannya kepada siapapun. Itulah mengapa Kaspersky menggelar sebuah kampanye bernama Passwords Are Like Underwear dengan tema “Change Often, Share With no One”.

Sekilas kampanye tersebut memang terdengar lucu. Namun jika ditelaah lebih dalam, semuanya menjadi masuk akal. Password memang rawan dibobol, apalagi jika password Anda masih menggunakan rangkaian kata yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama. Itulah mengapapassword harus sering diganti agar hacker sulit mengidentifikasi.

Masalahnya adalah bagaimana Anda mengingat semua password tersebut? Corporate Communication Manager, Kaspersky SEA, Sanjeev Nair mengatakan bahwa ada trik agar Anda tidak pusing saat membuat password baru. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Buat sebuah rangkaian kata, misalnya teknologimetrotv
  • Sisipkan huruf kapital, misalnya menjadi ITGovernanceIndonesia.
  • Sisipkan angka dan karakter spesial, misalnya menjadi 17Gov3rnanceIndon3s1a.
  • Tambahkan kata identifikasi untuk berbagai akun yang Anda miliki, misalnya menjadi 17Gov3rnanceIndon3s1a_gmail, 17Gov3rnanceIndon3s1a_yahoo, 17Gov3rnanceIndon3s1a_facebook

Dengan menggunakan trik tersebut, Anda akan bisa mengingat berbagai kombinasi password dengan mudah. Selain itu, ada baiknya jika Anda memiliki daftar kombinasi password yang terus diganti secara bergilir setiap bulannya agar akun digital Anda lebih terjamin keamanannya.

Sumber video: Kaspersky Lab UK
Sumber artikel: teknologi.metrotvnews.com
Sumber foto: shutterstock

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat