Kebutuhan akan profesional dibidang keamanan informasi terus meningkat. Disisi lain, banyak organisasi yang kesulitan mendapatkan tenaga profesional keamanan informasi yang kompeten. Salah satu ukuran yang paling mudah untuk melihat kompetensi seseorang adalah melalui sertifikasi apa yang dimiliki.

Rekan-rekan profesional yang ingin mendapatkan sertifikasi dibidang keamanan informasi kerap kali bingung memilih berbagai jenis sertifikasi yang berhubungan dengan keamanan informasi, seperti CISSP, CISA, CISM, dan CEH. Lalu, apa bedanya CISSP dengan berbagai sertifikasi-sertifikasi profesional lainnya?

Walaupun sempat memiliki berbagai jenis sertifikasi teknis, karena saat ini saya hanya memiliki CISSP, maka saya hanya menulis berbagai hal mengenai CISSP. Pembahasan berbagai sertifikasi lainnya hanya sebatas “kulit” luar, karena rekan-rekan yang memiliki sertifikasi-sertifikasi tersebut jauh lebih kredibel menulis mengenai hal tersebut. IT Learning Center member of Proxsis telah menyelenggarakan Training CISSP tanggal 06-08 Agustus 2018.