Walah… Cara Mendapatkan Pekerjaan Mudah Bagi Penggila Games Online

Bekerja sambil main video game selama ini menjadi aktivitas yang tabu dilakukan pegawai kantoran. Seiring berjalannya waktu, fungsi video game tak lagi sebatas hiburan. Namun naik kelas menjadi perangkat untuk mencari pekerja terampil.

Mengutip laman Emirate247, Senin, 25 Agustus 2014, sejumlah perusahaan kini sudah menggunakan game online sebagai cara untuk merekrut karyawan. Game rekrutmen dan seleksi ini mungkin terlihat seperti sepele dan tidak menarik Tapi itu mungkin jalan untuk mendapatkan pekerjaan.

Untuk bisa lolos, para pencari kerja tinggal melihat skor yang dicapai para pencari kerja. Semakin tinggi skor, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin terbuka.

Game seperti “Wasabi Waiter” dan “Balloon Brigade”. Dua game itu termasuk permainan online yang digunakan untuk menilai dan memprediksi kehandalan seseorang dalam menjalankan perusahaan.

Menjamurnya game online lambat laun mulai dilirik perusahaan untuk dicari celah keuntungan yang bisa diambil. Sebagai contoh, sebuah perusahaan bernama Guip membuat game keterampilan yang digunakan dalam rekrutmen lulusan sarjana. Perusahaan ini juga serius mengembangkan game untuk proses perekrutan.

Guip membangun lingkungan permainan pembelajaran online, dengan bekerja sama dengan departemen sumber daya manusia (HRD) di beberapa perusahaan terbesar di dunia.

“Kami memantau perkembangan belajar dan mengukur kemampuan Anda sementara Anda terlibat dengan platform game pembelajaran kami. Ketika skor Anda bergerak naik, peluang karir terbuka untuk Anda,” kata perusahaan itu.

Akhir-akhir ini, beberapa perusahaan, termasuk mereka yang memiliki kantor pusat regional di Uni Emirat Arab, mulai memandang game secara serius dalam proses rekrutmen mereka.

Marriott International Inc adalah salah satu pengguna awal untuk menguji calon karyawan mereka melalui permainan.

Perusahaan ini telah mengembangkan sebuah game online bertema perhotelan yang mirip dengan “Farmville” atau “The Sims”. Di dalamnya, para pemain akan diuji untuk menjadi manajer dapur sebuah hotel virtual.

Nama-nama besar di industri jasa keuangan juga akan mengadopsi cara ini. Bank BNP Paribas, yang memiliki tiga cabang di Emirat Arab, menjalankan dua game online bagi calon karyawan baru. Satu game coding untuk calon programer dan satu lagi game petualangan di mana pemain bertema bankir virtual.

Penelitian menunjukkan bahwa proses rekrutmen dengan memakai game sangat efektif. Pada akhir tahun ini, lebih dari 70 persen dari bisnis global akan menggunakan setidaknya satu aplikasi game, menurut Gartner Group, sebuah perusahaan penelitian dan konsultan teknologi informasi.

Itulah alasan mengapa sebagian pencari kerja mulai memasukkan prestasi dalam bermain game pada resume atau profil LinkedIn mereka.

Jadi, jika Anda mencari pekerjaan, mungkin sudah waktunya untuk mengasah kemampuan game Anda selain fokus pada proyek-proyek pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaan dan membangun jaringan Anda.

Sumber: http://www.suaranews.com/2014/08/walah-cara-mendapatkan-pekerjaan-mudah.html

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat