Waspada, Jangan Tertipu Tawaran Update Windows 10

Jika Anda adalah salah satu yang menantikan update sistem operasi baru Microsoft, Windows 10, sebaiknya Anda berhati-hati karena ada pihak yang mencoba mengambil keuntungan dari momen ini.

Menurut Cisco Talos Group, penipu (scammer) yang meniru sebagai Microsoft mulai mengirim e-mail palsu yang menyertakan file lampiran (attachment) untuk upgrade ke Windows 10.

E-mail tersebut dikutip KompasTekno dari BGR, Sabtu (1/7/2015), sepintas resmi berasal dari Microsoft, serta menggunakan alamat “[email protected].com”.  Namun jangan sampai tertipu, Microsoft tidak pernah mengirimkan e-mail dengan attachment Windows 10.

Jika attachment yang berupa file .zip itu diunduh, lalu file .exe yang ada di dalamnya kelewat dijalankan, maka komputer pengguna akan terkurung oleh varian ransomeware yang disebut CTB-Locker

training iso 20000 indonesia, training iso 27001 indonesia, information security, penetration testing, it security, it governance, iso 20000, iso 27001, COBIT 5, Keamanan Informasi, CISA

“Komputer itu akan terkurung dalam jangka tertentu hingga pihak-pihak jahat itu menemukan cara untuk mencari uang dari komputer yang diinfeksi itu,” ujar Talos Group.

Sebagai tindak pencegahan, pengguna Windows diminta untuk mem-backup data mereka dan disimpan secara offline. Atau lebih mudah lagi, tidak usah menghiraukan e-mail tersebut.

Sumber: kompas.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?