WhatsApp Raih Poin Terendah Penilaian Privasi EFF

Electronic Frointier Foundation (EFF) membuat sebuah laporan yang merilis tentang keamanan privasi dan pencegahan kebocoran data pada aplikasi populer seperti Whatsapp yang ada di telepon pintar. EFF membuat skala nol hingga lima terkait aplikasi mana saja yang paling patuh terhadap keamanan data pengguna. Dari skala nol hingga lima, EFF menempatkan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi terburuk dalam penjagaan keamanan data.

Hasil yang diluncurkan oleh EFF tersebut sungguh mengagetkan. Pasalnya, Verizon pernah membuat laporan serupa dan masih bermurah hati memberikan angka 1 bagi WhatsApp. Menurut Verizon, WhatsApp perlu diberikan angka karena induk perusahaan mereka yaitu Facebook sedang gencar-gencarnya mencegah kebocoran data yang diakibatkan spionase siber pemerintah seperti NSA.

Hasil riset yang dikeluarkan oleh EFF itu terbilang agresif dibandingkan Verizon. Setidaknya ada beberapa kriteria yang diberikan oleh EFF untuk menganalisis setiap aplikasi. Dari 24 perusahaan teknologi yang dianalisis oleh EFF, WhatsApp menduduki peringkat terendah. Adapun kriteria yang diutamakan oleh EFF adalah kepatuhan dan transparansi aplikasi teknologi terhadap keamanan data penggunanya.

Jenis-jenis kepatuhan yang diberikan penilaian oleh EFF adalah standardisasi best practice setiap aplikasi, kepatuhan menginformasi pengguna terhadap permintaan data oleh pihak pemerintah, kebijakan membuka informasi terkait kehilangan data, membuka informasi terkait penghapusan konten oleh pemerintah dan penolakan terhadap kebijakan akses backdoor pemerintah. Kelima kriteria itu menjadi standar penilaian EFF.

Ini adalah kali pertama WhatsApp mengikuti penilaian EFF. Walaupun WhatsApp sendiri sudah diberitahukan sejak setahun yang lalu untuk mengikuti penilaian tersebut. Uniknya, WhatsApp tidak membuat sebuah standar pengamanan data pengguna pada aplikasi yang mereka miliki. Pasca insiden spionase siber oleh NSA, EFF membuat standar penilaian lebih ambisius untuk menghindari intrusi dari pemerintah.

Melalui hasil penelitian itu, EFF meminta pengguna untuk lebih aware terhadap aplikasi yang mereka miliki terkait keamanan data pengguna. Dalam laporan yang berjudul Who Has Your Back, EFF tidak hanya menekankanawareness pengguna. Tetapi juga inisiatif perusahaan teknologi untuk menjaga keamanan data pengguna. Dari sekian banyak perusahaan teknologi, Apple, Dropbox dan WordPress adalah aplikasi yang patuh terhadap aturan keamanan privasi pengguna dengan angka sempurna. Facebook, Pinterest, Reddit, LinkedIn, dan Twitter mendapatkan angka empat dari lima bintang yang diberikan EFF.

Sumber: ciso.co.id

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?