10 Film Cybercrime (Hacker) Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

10 Film Cybercrime (Hacker) Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Dalam era dimana teknologi informasi mengalami kemajuan pesat, cerita tentang kejahatan cyber atau peretasan menjadi semakin relevan dan menarik disimak. Dunia maya yang kompleks dan terhubung ini menciptakan ruang yang penuh dengan intrik, kecerdasan, dan tantangan moral. Melalui lensa sinema, kisah-kisah ini telah diceritakan dengan penuh ketegangan, memperkenalkan karakter-karakter brilian yang melintasi batas dunia maya dan nyata.

Daftar berikut ini merangkum sepuluh film yang termasuk karya terbaik dalam genre kejahatan cyber atau hacker. Dari keberanian remaja yang melawan korporasi hingga pertarungan melawan kekuatan mesin yang mengendalikan dunia, setiap film menyajikan sudut pandang uniknya sendiri. Mari kita menjelajahi dunia yang membingungkan namun menarik ini melalui kisah-kisah yang memukau dan menggugah pikiran.

1. The Matrix Resurrections (2021)

Rekomendasi film hacker terbaru adalah The Matrix Resurrections. Film ini merupakan film keempat dari sekuel The Matrix yang berisi kelanjutan kisah petualangan Neo di dunia Matrix. Film ini kembali menampilkan aktor di sekuel film sebelumnya, seperti Keanu Reeves sebagai Neo, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity/Tiffany dan Jada Pinkett Smith sebagai Niobe.

Melansir Tempo.co, Neo, memiliki nama asli Thomas Anderson. Dirinya kesulitan memisahkan mimpi dan kenyataan. Kerap mengalami halusinasi, Neo melakukan terapi dengan psikiater, Neil Patrick Harris, yang selalu memintanya untuk menghadapi kenyataan. Dia kemudian mendapatkan resep obat berupa pil biru. Tak sampai disitu, Neo dituntut untuk menghadapi konflik yang terus berdatangan.

The Matrix Resurrections. HBOKeanu Reeves menghadiri pemutaran perdana The Matrix Resurrections di San Francisco, California, AS, 18 Desember 2021. Keanu kembali berperan sebagai Neo yang berdampingan dengan Carrie Anne Moss sebagai Trinity. REUTERS/Fred Greaves.

Baca juga : Misteri White Hat Hacker : Mengapa Mereka Adalah Terdepan Keamanan Cyber ? 

2. The Billion Dollar Code (2021)

Rekomendasi film hacker selanjutnya ada The Billion Dollar Code. Film hacker Jerman diambil dari kisah nyata tentang dua jenius komputer. Kisah bermula tahun 1990-an ketika keduanya menemukan algoritma yang kemudian digunakan untuk membuat Google Earth. Mereka menemukan Terra Vision, sebuah sistem yang memberi harapan untuk diciptakan pada masa itu. 

Dua puluh lima tahun kemudian, keduanya berniat untuk menuntut Google Earth karena adanya kemiripan dengan penemuan mereka. Keberadaan Terra Vision ini dikatakan sebagai cikal bakal terbentuknya Google Earth.

3. Biohackers (2020)

Jalan cerita film Biohackers mengusung tema biologis dan peretasan. Biohackers mengisahkan Mia Akerlund (Luna Wedler), seorang mahasiswa kedokteran di Universitas Freiburg. Mia terlibat dalam percobaan eksperimen genetik ilegal. Sialnya, hasil eksperimennya jatuh ke tangan orang yang salah. Kira-kira apa langkah yang dilakukan Mia selanjutnya? 

Baca juga : Belajar Menjadi White Hat Hacker Secara Otodidak: Panduan Lengkap untuk Pemula

4. The Great Hack (2019)

Film hacker dokumenter yang tak boleh dilewatkan salah satunya adalah The Great Hack. The Great Hack menunjukan sebuah gambaran tentang perjuangan manusia dalam melindungi data pribadi. Dalam melakukan pengambilan data, perusahaan Cambridge Analytic tidak meminta izin terlebih dahulu. Mereka mengolah data tersebut dan menyerahkannya ke pemangku kepentingan tertentu demi mendapatkan keuntungan.

5. Unfriended: Dark Web (2018)

Sesuai dengan judulnya, Unfriended: Dark Web¬†berkisah tentang sisi gelap internet. Matias O’Brien membawa pulang sebuah laptop dari tempat penitipan barang hilang di sebuah kafe. Ketika ia membuka laptop tersebut, ia menemukan file aneh yang membawanya menuju situs¬†dark web. Semenjak kejadian itu, teror menyeramkan mulai menimpa dirinya dan teman-temannya.

6. Fabricated City (2017)

Tak hanya diisi film barat, film Korea Fabricated City juga turut meramaikan deretan film hacker terbaik sepanjang masa. Film ini menggabungkan genre cyber thriller dengan action comedy. Mengutip AsianWiki, Kwon Yoo (Ji Chang Wook ) seorang pengangguran di dunia nyata, tetapi di dunia game virtual dia adalah pemain handal terbaik. Kwon Yoo dijebak menjadi pelaku kasus pembunuhan. Dengan bantuan peretas Yeo Wool (Shim Eun Kyung ), ia mencoba mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan tersebut. 

7. iBoy (2017)

Melansir Tempo.co, iBoy merupakan film hacker bergenre thriller, crime, science fiction, dan fantasy. Seorang remaja laki-laki berusia 16 mengalami koma setelah tertembak saat meminta bantuan mencoba menghentikan serangan kekerasan terhadap pacarnya. Saat terbangun dari koma, ia mendapati adanya pecahan chip telah tertanam di otaknya. Hal itu memberinya kekuatan super. Ia menggunakan pengetahuan dan teknologi ini untuk membalas dendam pada geng yang bertanggung jawab atas serangan yang menyebabkan ia koma. 

Baca juga : Iron Dome Israel Berbalik Arah? Diduga Ulah Hacker?

8. Snowden (2016)

Film hacker Snowden diadaptasi dari kisah nyata seorang mantan karyawan Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA). Aksi terbesarnya yakni mencuri informasi rahasia negara dan membeberkannya ke media. Hal itu dilakukannya semata-mata atas dasar hati nurani. Dirinya merasa informasi rahasia tersebut penting untuk diketahui publik. Ia pun dijuluki sebagai pengkhianat negara, sekaligus pahlawan masyarakat.

9. Anonymous – Hacker (2016)

Ketika keluarganya mengalami cobaan ekonomi, Alex Danyliuk beralih ke dunia kejahatan sebagai pencuri identitas. Dengan bantuan Sye, seorang penipu jalanan, ia diperkenalkan ke dunia perdagangan pasar gelap atau dark web. Setelah berhasil menyebabkan kekacauan di pasar uang, mereka mendapat perhatian Z. Z ialah sosok bertopeng misterius, yang merupakan kepala organisasi yang dikenal sebagai Anonymous, sekaligus target nomor satu FBI.

10. Blackhat (2015)

Chris Hemsworth, sosok dibalik tokoh superhero Thor di film Avengers, memerankan tokoh utama dalam film hacker Blackhat. Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) digambarkan sebagai seorang jenius yang ahli dalam melakukan peretasan komputer. Ketika menjalani hukumannya di penjara, Nicholas diajak bekerjasama dengan agen dari Cina untuk membantu pemerintah menemukan sosok hacker misterius dibalik terjadinya krisis reaktor nuklir di Cina.

Baca juga : Panduan Lengkap: 10 Cara Ampuh Menghindari Hacker WhatsApp

Dengan tema yang bervariasi dari pertempuran matriks hingga kegelapan internet, film-film ini memberikan pandangan mendalam tentang kejahatan cyber dan memicu penonton untuk merenungkan implikasi dari kecerdasan manusia dalam dunia maya yang semakin kompleks. Selamat menikmati pengalaman sinematik yang menghadirkan ketegangan dan misteri di setiap adegannya.

Amankan bisnis Anda dari ancaman hacker dengan mengikuti Program Pelatihan ITGD. Tingkatkan keamanan dan keahlian tim Anda untuk melawan serangan cyber. Daftarkan tim Anda sekarang dan hadapi tantangan keamanan dengan percaya diri!

Rate this post

Bagikan:

[yikes-mailchimp form=”2″]

× Apa yang bisa kami bantu?