3 Risiko Berbahaya jika Perusahaan Anda Tidak Menerapkan IT Audit

 

Baru-baru ini, Indonesia telah digemparkan oleh berita tentang kebocoran data peserta BPJS yang dijual untuk menguntungkan suatu pihak tertentu. Dilansir dari CNNIndonesia.com, total data yang telah dijual adalah sebanyak 270 juta data, termasuk nama lengkap, KTP, alamat, data keluarga, hingga gaji.

Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi mengingat dugaan kuat bahwa data yang bocor tersebut berasal dari BPJS, karena bocoran data yang dihasilkan juga termasuk kartu peserta, tanggungan jaminan kesehatan, hingga status pembayaran jaminan. Itulah mengapa, perlu diadakannya IT Audit, di mana seluruh sistem informasi lebih diawasi dan dikendalikan secara menyeluruh.

Baca di Sini: Yuk, Lebih Mengenal Penjelasan tentang IT Audit!

Bahayanya jika Anda tak kunjung menerapkan IT Audit dalam perusahaan, akan ada 3 risiko yang bisa menimpa Anda, yaitu:

  1. Rawan pencurian data atau kerusakan sistem yang merugikan perusahaan.

IT Audit tidak hanya menjamin ketersediaan data perusahaan secara lengkap, real time, dan mudah diakses, tetapi juga menjamin kelengkapan data Anda secara lebih akurat dan detail. Selain itu, kerahasiaan informasi juga akan lebih terjaga dengan adanya IT Audit, sehingga bila Anda tidak menerapkannya, informasi atau data yang dimiliki perusahaan akan berisiko hilang, sulit ditemukan, atau bahkan dicuri.

  1. Hambatan dalam menghitung segala anggaran, permodalan, dan semua transaksi yang dilakukan.

Untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan, IT Audit dapat menjadi strategi terbaik yang mampu menyesuaikan teknologi informasi sesuai kebutuhan masing-masing divisi dalam perusahaan Anda. Termasuk perihal keuangan, tanpa adanya IT Audit, segala anggaran, permodalan, dan semua transaksi akan lebih sulit direkap, berpotensi tidak akurat, ataupun kurang detail dan merepotkan anggota perusahaan yang membutuhkannya.

  1. Sulit menentukan agenda penyempurnaan sistem dan pelaksanaan strategi penjualan yang tepat.

Sebuah bisnis yang berhasil tentu memerlukan perencanaan yang sesuai dengan target market ataupun kemampuan perusahaan itu sendiri. Untuk menyesuaikannya secara lebih sistematis terlebih di era digital dan di tengah pandemi seperti sekarang ini, Anda memerlukan IT Audit yang mampu mengontrol seluruh sistem sekaligus tanpa harus melalui cara manual yang merepotkan. Jika Anda tidak memaksimalkan IT Audit, Anda akan berpotensi mengalami ‘overwhelming’ karena seluruh aktivitas dan perencanaan tidak dilakukan secara maksimal dan sesuai agenda.

Jangan sampai data perusahaan Anda jadi korban selanjutnya! Tingkatkan keamanan sistem informasi dalam perusahaan Anda dengan mengikuti Training IT Audit yang bisa dilaksanakan bersama IT Governance Indo. Dengan IT Audit yang lebih tepat, pengelolaan bisnis pasti menjadi lebih akurat!

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat