BCM dalam Perusahaan Bagaikan “Ban Serep”

Standar ISO 22301 merupakan standar di bidang Business Continuity Management System (BCMS). BCM dalam perusahaan bagaikan “Ban Serep” yang anda siapkan dikendaraan anda. Dikala saat anda berjalan ban anda bocor, ban serep siap digunakan. Memang butuh waktu untuk memasang tetapi setelah ban itu dipasang anda bisa melanjutkan perjalanan anda. Bukan hanya menunggu seseorang menolong dan membawa ban pengganti untuk anda.

Mengapa Perlu Business Continuity?

  • Karena kondisi tidak bisa dijamin selalu ideal untuk menjalankan kegiatan bisnis perusahaan.
  • Karena kondisi di luar normal yang tidak dapat dikendalikan seringkali menyebabkan “sudden & massive lost”.
  • Terdapat cukup banyak hal yang tidak dapat dicegah, namun yang bisa dilakukan adalah mengurangi dampaknya.
  • Sebagai pemenuhan persyaratan dari stakeholder organisasi (stakeholder: pemerintah, principal, customer, dsb.)

ISO 22301 akan meningkatkan kualitas manajemen dan reaktivitas bisnis organisasi. Sebagai standar proses perlu penilaian semua proses bisnis dan risiko relatif mereka, pelaksanaannya akan meningkatkan pengetahuan seluruh rantai proses bisnis organisasi terutama kritik mereka dan aspek saling ketergantungan.

Terkait dengan manfaat sebelumnya dan berdasarkan tanggung jawab yang berdedikasi, penerapan standar ini akan meningkatkan reaktivitas dari organisasi dalam hal krisis yang nyata dan menghindari efek domino atas risiko dalam kasus insiden keamanan; Peningkatan kepatuhan hukum organisasi; Peningkatan ketahanan organisasi; Peningkatan daya saing organisasi dengan meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan; Peningkatan keamanan masyarakat di tingkat manapun (nasional, Eropa atau di seluruh dunia).

Standar ISO 22301 kelangsungan bisnis telah dirancang untuk membantu perusahaan dalam pelaksanaan sistem manajemen kelangsungan bisnis (BCMS) yang sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi persyaratan stakeholder ‘. BCMS kebutuhan sebuah perusahaan yang dibentuk oleh berikut: ukuran dan struktur, pemangku kepentingan, dan peraturan, industri dan faktor organisasi.

Manfaat utama dari ISO 22301:

  • Memaksimalkan kualitas dan efisiensi: ISO 22301 menyediakan kerangka kerja berdasarkan praktik terbaik internasional berbasis di sekitar ‘Plan, Do’ Periksa, konsep ‘Act’.
  • Fleksibilitas selama gangguan: Selama gangguan lokal atau bencana internasional, organisasi Anda akan memiliki proses kelangsungan bisnis di tempat untuk memastikan kelancaran terus bisnis Anda, atau jika Anda terganggu akan bisa bangun dan berjalan dengan cepat dan efisien dalam memesan untuk memastikan gangguan minimum untuk layanan yang Anda tawarkan.
  • Keunggulan kompetitif: Pastikan kepercayaan klien melalui sertifikasi ISO 22301 standar yang diakui secara internasional sambil mendapatkan peluang baru dan memenangkan bisnis baru.
  • Perbaikan Organisasi: Sertifikasi BCM menyediakan Anda dengan pemahaman yang jelas tentang seluruh organisasi Anda. Hal ini dapat memberikan Anda kesempatan baru untuk perbaikan.
  • Peningkatan internal yang terus menerus melalui audit; Selama proses sertifikasi Anda akan berpartisipasi dalam audit reguler yang menjamin sistem manajemen Anda up to date.
  • Kepatuhan Hukum dan Peraturan: Tunjukkan bahwa Anda memenuhi persyaratan hukum dan peraturan daerah daerah bagi seluruh pemangku kepentingan Anda.
  • Penghematan biaya: Organisasi Anda mungkin dapat mengurangi biaya audit BCM internal dan eksternal, dan untuk meningkatkan kinerja keuangan dan mengurangi premi asuransi gangguan usaha.
  • Mempertahankan tingkat Client Pengiriman Optimum: Kerangka BCMS mendukung proses manajemen diperkuat yang memungkinkan Anda untuk memasok suatu level yang disepakati layanan kritis dan produk dalam jangka waktu tertentu setelah gangguan kepada klien Anda.
  • Memperkuat Manajemen internal Anda: A BCMS menyediakan kemampuan manajemen terbukti selama masa gangguan.
  • Manajemen Reputasi: Sertifikasi ISO 22301 memperkuat komitmen Anda untuk menyediakan tingkat premium dari layanan kepada Anda pemangku kepentingan, bahkan selama kondisi buruk.

Untuk memahami semua materi diatas ITGID menyediakan Training BCM Awareness, Informasi Lengkap Training BCM Awareness  dapat di lihat di linkberikut: itgid.org/training

Venue Training : IT Learning Center

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat