ITIL V.4 Foundation

itil v4

Mengikuti perubahan dalam teknologi, sambil memberikan produk dan layanan inovatif dengan cara yang hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan pasar, Mungkinkah? Yuk, pahami ITIL v4 (1)

Keberhasilan dalam dunia bisnis sebagian besar ditentukan oleh seberapa efisien dan efektif suatu organisasi dapat memberikan produk dan layanannya ke pasar, dengan cara yang memenuhi harapan pelanggan, mengalahkan pesaing dan mematuhi persyaratan hukum dan peraturan. Dan di era teknologi digital saat ini, berarti perusahaan harus bergerak lebih cepat untuk mengikuti kebutuhan konsumen yang selalu berubah, khususnya di era media sosial di mana preferensi dan pilihan bertambah banyak secara eksponensial dan berubah secara tak terkendali.

Bagi banyak organisasi, transformasi digital ini juga mencakup perubahan dari suatu produk ke perusahaan layanan digital. Zaman ini disebut “Revolusi Industri Keempat” yang diwujudkan melalui transformasi dunia digital dan interaksi yang tak terhindarkan antara manusia, teknologi digital, dan aset fisik.

Bagaimana organisasi Anda dapat mengikuti perubahan dalam teknologi, sambil memberikan produk dan layanan inovatif dengan cara yang hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan pasar? Anda dapat beralih ke ITIL, sebuah kerangka kerja terkemuka dunia untuk Manajemen Layanan TI.

ITIL v4 adalah versi terbaru dari ITIL, menyediakan model operasi digital yang memungkinkan organisasi untuk bersama-sama menciptakan nilai efektif dari produk dan layanan yang didukung TI Anda. ITIL v4 dibangun berdasarkan kemajuan ITIL selama beberapa dekade, perkembangan praktik-praktik ITSM, konteks pengalaman pelanggan yang lebih luas, aliran nilai, dan transformasi digital, serta melalui keselarasan yang lebih besar dengan cara-cara kerja baru, seperti Lean, Agile, dan DevOps .

Baca juga: Bagaimana Cara Implementasi ITIL di Perusahaan?

Apa itu ITIL?

ITIL adalah kerangka kerja yang diakui secara global selama 30 tahun terakhir terus memberikan panduan yang komprehensif, praktis dan terbukti untuk membangun sistem manajemen layanan TI, mendorong konsistensi dan peningkatan berkelanjutan untuk bisnis yang menggunakan layanan yang mendukung TI. Sekarang dalam iterasi keempatnya, ITIL v4 memberikan panduan yang dibutuhkan organisasi untuk mengatasi tantangan manajemen layanan baru dan memanfaatkan potensi teknologi modern di era cloud, Agile, DevOps, dan transformasi.

Komponen utama kerangka kerja ITIL v4 adalah sistem nilai layanan ITIL (SVS) dan model empat dimensi. Rantai nilai layanan ITIL menyediakan model operasi yang fleksibel untuk penciptaan, pengiriman, dan peningkatan layanan yang berkelanjutan. Komponen inti dari ITIL SVS adalah:

  • rantai nilai layanan ITIL;
  • Praktek-praktek ITIL;
  • Prinsip-prinsip panduan ITIL;
  • Tata kelola; dan
  • Perbaikan berkelanjutan.
  • Sistem Nilai Layanan ITIL (SVS)
  • Sistem Nilai Layanan ITIL (SVS)

 

Dimensi empat model menggambarkan fokus yang seimbang ke ITIL SVS melalui pendekatan holistik dan efektif. Keempat dimensi tersebut adalah:

  • Organisasi dan Orang
  • Informasi dan Teknologi
  • Mitra dan Pemasok
  • Nilai Aliran dan Proses

Komponen-komponen ini mewakili evolusi signifikan dari ITIL dari iterasi sebelumnya, dari fokus khusus pada memberikan layanan, menuju perspektif yang lebih luas dari nilai yang diciptakan oleh produk dan layanan yang dikirim ke pelanggan. ITIL v4 telah dirancang untuk memberikan transisi yang mulus dari investasi organisasi yang ada di ITIL dan cara kerja saat ini, ke pendekatan yang lebih cepat, lebih fleksibel, dan adaptif.

Siapa yang Menggunakan ITIL?

Organisasi besar, sedang, dan kecil di seluruh dunia menggunakan ITIL untuk membantu Anda meningkatkan nilai layanan Anda. ITIL membantu organisasi di semua industri dan sektor memecahkan masalah bisnis serta meningkatkan kemampuan TI. Organisasi menggunakan ITIL sebagai panduan untuk meningkatkan atau mengimplementasikan kemampuan yang memberikan nilai bisnis.

Baca juga: Penerapan ITIL V4: Langkah-langkah Menuju Pengelolaan Layanan TI yang Efektif

Apa saja keuntungan menggunakan ITIL?

Manfaat organisasi untuk mengadopsi ITIL meliputi:

  • Praktik memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih fleksibel untuk mendukung transformasi digital
  • Keselarasan strategi yang lebih baik antara TI dan bisnis
  • Integrasi yang lebih lancar antara praktik pengiriman perangkat lunak yang berkembang dan kerangka kerja dukungan pelanggan perusahaan
  • Peningkatan layanan pengiriman dan kepuasan pelanggan
  • Mengurangi biaya melalui peningkatan penggunaan sumber daya
  • Visibilitas yang lebih besar dari biaya dan aset TI
  • Manajemen risiko bisnis dan gangguan atau kegagalan layanan yang lebih baik

Mengapa ITGID?

ITGID memberikan solusi yang sepenuhnya selaras dengan kerangka kerja ITIL. ITGID juga mendukung solusi tersebut dengan pelatihan ITIL, layanan dan sumber daya. Keprofesionalan, nilai-nilai, dan teknologi terdepan dalam Industri ini, dengan ITIL v.4 , telah membantu organisasi mendefinisikan dan melaksanakan strategi IT Service Management (ITSM) naik untuk organisasi tradisional maupun layanan digital.

Apakah mengubah atau mengembangkan kematangan layanan dan organisasi, ITGID telah membantu organisasi-organisasi dalam mencapai nilai bisnis berkinerja tinggi. ITGID membantu organisasi mencapai nilai dari seluruh area proses ITIL.

Sumber: https://www.bmc.com/

Rate this post

Bagikan:

[yikes-mailchimp form=”2″]

× Apa yang bisa kami bantu?