3 Alasan Kenapa ISO 22301 Akan Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda

Business Continuity memiliki peranan penting dalam cyber security organisasi mana pun. Prinsip-prinsip terbaik dalam mengadopsi business continuity dapat dengan mudah dilakukan dengan memenuhi persyaratan ISO 22301. ISO ini merupkan standar internasional yang menggambarkan praktik terbaik untuk sistem manajemen kelangsungan bisnis (BCMS).

Horizon Scan melaporkan bahwa sebanyak 70% responden telah menggunakan ISO ini, menunjukkan bahwa organisasi mulai menyadari pentingnya keberadaan business continuity management system. Namun, hanya 16% dari organisasi ini yang benar-benar disertifikasi untuk ISO 22301; 54% lainnya hanya menggunakannya sebagai pedoman untuk BCMS mereka.

Ini agak sulit untuk dipahami, jika suatu organisasi berupaya menerapkan ISO 22301, mengapa tidak sekalian melakukan sertifikasi dan mencoba mendapatkan manfaatnya? Berikut 3 alasan utama mengapa Anda harus melakukan sertifikasi ISO22301.

  1. Membuktikan kepada klien bahwa Anda memiliki BCMS yang efektif. Tanpa adanya bukti yang terdokumentasi, kredibilitas Anda dimata klien sebatas apa yang Anda katakan. Namun jika Anda memiliki sertifikasinya, tentu saja, kredibilitas Anda akan terangkat dan real.
  2. Mendapatkan pandangan independen terkait postur keamanan bisnis Anda. Sertifikasi terakreditasi melibatkan tinjauan berkala dan audit internal BCMS untuk memastikan bisnis Anda dan penerapan ISO 22301 terus membaik. Tentu, Anda lebih sigap dan tanggap terhadap kejadian-kejadian yang membahayakan bisnis Anda; dan
  3. Memenuhi persyaratan peraturan yang didukung oleh pemerintah. Pandemi Covid-19 merupakan salah satu kejadian yang mengisyartkan pentingnya sertifikasi ISO 22301. Tentunya segala keberlanjutan program yang Anda susun harus sesuai dengan peraturan pemerintah. Pun banyak peraturan lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengimplementasikan kemampuan respons insiden. Sertifikasi ISO 22301 menyediakan pendekatan praktik terbaik untuk kelangsungan bisnis.

Sudah siap untuk melakukan sertifikasi ISO 22301? Cari tahu sejauh apa kesiapan Anda dengan menghubungi konsultan kami.

Baja Juga :

5 Manfaat BCMS berdasarkan ISO 22301

BCM Awareness Based on ISO 22301

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat