5 Manfaat BCMS berdasarkan ISO 22301

ISO 22301 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kontinuitas bisnis praktik terbaik (best practice business continuity management system (BCMS). Sertifikasi standar ini memberikan sejumlah manfaat kepada pemeliknya, apa sajakah manfaatnya? Simak lebih lanjut artikel ini.

Apa itu sistem manajemen kontinuitas bisnis?

BCMS adalah pendekatan komprehensif untuk ketahanan organisasi dan membantu organisasi mengatasi insiden yang memengaruhi proses dan aktivitas penting bisnis mereka. BCMS menyediakan struktur bagi organisasi untuk memperbarui, mengendalikan dan menggunakan rencana yang efektif, dengan mempertimbangkan kemungkinan dan kemampuan organisasi, serta kebutuhan bisnis.

Manfaat dari sistem manajemen kontinuitas bisnis yang memenuhi standar ISO 22301

ISO 22301 and bcms

  • Melindungi aset, pergantian dan keuntungan: Manajemen kontinuitas bisnis yang efektif (BCM) memungkinkan organisasi untuk melindungi kerugian setelah insiden atau bencana, sambil mengurangi risiko kerugian lebih lanjut.
  • Memastikan keberlangsungan operasional bisnis: BCMS membantu mempertahankan tingkat layanan organisasi kepada pelanggannya. Ini juga membantu para pemimpin bisnis untuk menilai dampak potensial dari gangguan operasional, membuat keputusan yang tepat dengan cepat, menyebarkan respons yang efektif dan meminimalkan dampak keseluruhan.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif dan reputasi perusahaan: Organisasi dengan BCMS yang mematuhi ISO 22301 dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kemampuan organisasi untuk merespons insiden.
  • Memenuhi persyaratan hukum dan peraturan: Kepatuhan ISO 22301 amat direkomendasikan sebagai alat yang berguna untuk menerapkan respons insiden dan struktur pelaporan yang terdefinisi dengan baik, sehingga organisasi dapat menunjukkan bahwa mereka mengambil langkah untuk mematuhi persyaratan peraturan.
  • Mendapatkan penilaian independen terhadap postur keamanan Anda: Sertifikasi terakreditasi melibatkan tinjauan berkala dan audit internal yang memberikan pendapat ahli tentang apakah BCMS berfungsi dengan baik dan memberikan tingkat keamanan yang diperlukan untuk melindungi produk dan layanan organisasi.

Jika Anda memerlukan panduan sebagai pendamping, untuk mengimplementasikan BCMS yang selaras dengan ISO 22301, Anda bisa membaca A Manager’s Guide to ISO22301. Buku ini menyediakan pengantar komprehensif untuk kelangsungan bisnis, termasuk:

  • Bagaimana mengembangkan dan mengimplementasikan business continuity plan;
  • Strategi kesinambungan bisnis, prosedur dan dokumentasi;
  • Pentingnya melatih, menguji dan mengevaluasi;
  • Cara mengidentifikasi ketidaksesuaian dalam BCMS; dan
  • Manfaat mencapai sertifikasi ISO 22301.

Di samping itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan kami terkait BCMS yang akan diajar oleh professional yang sudah lama menangani ISO 22301.

Baca Juga :

ISO 22301, Meningkatkan Kualitas Manajemen dan Reaktivitas Bisnis Organisasi

Menangani Bencana dan Ancaman dengan Memilih Solusi Disaster Recovery Terbaik untuk Kelangsungan Bisnis

https://itgid.org/training/?product=bcm-awareness-based-on-iso-22301

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat