4 Cara untuk Menjaga Keamanan Data Anda

Perangkat seluler telah berubah, tidak hanya cara kita berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman kita, tetapi cara kita bekerja, dan bahkan cara kita membayar sesuatu. Saat ini Anda dapat melakukan segalanya dari satu perangkat, bahkan secara bersamaan jika Anda menginginkannya. Perkembangan teknologi saat ini sangat bagus untuk bisnis, tetapi dilain hal ini juga membuka peluang bagi organisasi Anda terhadap risiko tambahan yang harus dilindungi secara proaktif. Beberapa langkah pencegahan yang harus dilakukan

1.Perangi peretasan seluler

Pengguna ponsel saat ini, yang diperkirakan mencapai lebih dari lima miliar pada tahun 2019, Anda dapat berharap karyawan Anda akan terhubung ke pekerjaan mereka di perangkat pribadi atau bisnis mereka. Berikut adalah enam tips untuk memastikan data pribadi dan organisasi tetap aman di perangkat apa pun.

  • Selalu perbarui perangkat lunak dan aplikasi

Konfigurasikan perangkat untuk mengunduh pembaruan aplikasi secara otomatis untuk memastikan Anda selalu memiliki versi terbaru perangkat lunak. Ini akan memastikan perangkat lunak keamanan selalu terkini, sehingga melindungi perangkat terhadap ancaman cyber terbaru.

  • Gunakan alat berbasis cloud

Alat berbasis cloud akan memberi Anda dan karyawan Anda akses ke data Anda kapan saja, di mana saja, yang bermanfaat untuk pekerjaan jarak jauh. Ini juga berarti Anda dilindungi dengan perangkat lunak dan tambalan terbaru.

  • Lelah dengan Wi-Fi publik

Kita semua menyukai Wi-Fi gratis, tetapi ada beberapa risiko. Koneksi dapat dicegat oleh orang lain di jaringan tersebut dan memungkinkan mereka mengakses data di perangkat seluler. Anda bisa berisiko terhadap serangan  di mana peretas menyampaikan dan atau mengubah informasi antara perangkat dan apa yang Anda akses di Wi-Fi. Orang yang sangat jahat bahkan bisa memalsukan seluruh hotspot jika suasana hatinya mencekam mereka. Jika Anda atau karyawan Anda merasa perlu menggunakan Wi-Fi publik, pastikan Anda menggunakannya melalui VPN yang kuat.

  • Isi daya perangkat Anda di tempat tepercaya

Kabel pengisian USB dapat bertukar data. Ketika Anda terhubung ke sumber daya yang tidak dikenal, seperti bandara atau kereta api, itu berpotensi membiarkan seseorang terhubung ke telepon Anda dan mencuri data penting, serta meninggalkan hal-hal buruk pada perangkat Anda. Pastikan Anda selalu mengisi daya di tempat yang aman dan tepercaya, seperti di rumah Anda.

  • Siapkan kata sandi

Mungk fx23lkin yang paling jelas, tetapi kata sandi yang rumit atau login biometrik akan membuat ponsel Anda sulit dibuka. Semakin sulit perangkat seluler melakukan terobosan, semakin kecil kemungkinan seseorang melakukan upaya untuk melakukannya. Tidak perlu dikatakan bahwa Anda harus selalu mengunci perangkat seluler ketika Anda selesai menggunakannya.

  • Waspadai apa yang Anda instal

Aplikasi membuat hidup kita lebih sederhana dan lebih produktif. Namun, aplikasi dapat meminta izin untuk mengakses berbagai hal di ponsel Anda, seperti kamera, mikrofon, dan file Anda. Ini mungkin diperlukan, tetapi itu bisa membuat Anda lebih rentan terhadap peretasan. Waspadai apa yang diminta aplikasi Anda untuk diakses dan putuskan apakah layak menggunakan aplikasi itu.

Baca Juga :

Lima Kasus Cybersecurity yang Paling Heboh Sepanjang Tahun 2017

2.Tingkatkan keamanan perangkat

Jika Anda memiliki staf yang menggunakan ponsel atau perangkat seluler lainnya untuk mengakses data bisnis, itu akan menjadi tautan lemah utama dalam keamanan Anda kecuali Anda menempatkan perlindungan yang tepat pada tempatnya. Enterprise Mobility + Security menyediakan alat yang dibutuhkan organisasi Anda. Ini memberdayakan karyawan Anda untuk mobile dan produktif tanpa pengaturan yang rumit atau manajemen TI.

Selain itu, gunakan otentikasi multi-faktor pada perangkat apa pun yang memiliki akses ke data bisnis dan dorong protokol TI tentang apa yang harus dilakukan ketika perangkat hilang atau dikompromikan, seperti siapa yang harus dihubungi. Aktifkan kemampuan organisasi Anda untuk dapat menghapus data perangkat bisnis dari jarak jauh. Enterprise Mobility + Security memungkinkan IT mengkonfigurasi pengguna dan perangkat yang berbeda dengan kebijakan dan sertifikat untuk memastikan orang yang tepat memiliki akses yang tepat.

3.Gunakan pembayaran seluler dengan aman

Pada era digital seperti saat ini, semua menginginkan efektivitas terhadap kebutuhan dan apa yang akan dilakukan. Tidak menutup kemungkinan hal yang sederhanapun seperti pembayaran perangkat seluler dapat menjadi ancaman yang sangat serius. Anda mungkin telah melompat ke pembayaran seluler sebagai pemilik bisnis atau sebagai konsumen. Anda harus memikirkannya, sangat penting bagi Anda memastikan memiliki keamanan untuk melindungi diri dari kerentanan.

4.Memiliki kendali total atas data Anda.

Ketahui siapa yang memiliki akses ke sana, dan kontrol apa yang bisa dan tidak bisa mereka lihat. Memiliki kontrol akses yang menyeluruh sehingga Anda memiliki kemampuan untuk melihat siapa yang dapat mengakses data Anda dan memastikan Anda terus memperbaruinya saat diperlukan (yaitu ketika situasi karyawan atau kontraktor berubah). Dapatkan wawasan yang kaya ke dalam ancaman terbaru. Memiliki teknologi yang secara otomatis akan memperbarui Anda tentang ancaman terbaru, melacak phishing dan kampanye malware yang ditujukan untuk pelanggan Anda, dan mencari indikator ancaman dari laporan pengguna dan sumber lainnya. Tetap selangkah lebih maju dari ancaman dunia maya dengan kiat-kiat ini untuk memastikan Anda, karyawan Anda, dan pelanggan Anda tetap aman

Source : www.cloudblogs.microsoft.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat