Lima Cara Untuk Meningkatkan Kekuatan Anda Sebagai Pemimpin

Sebagai seorang pemimpin yang baik, Anda haruslah mengetahui kekuatan Anda. Kekuatan dapat berbentuk banyak haln, namun dalam tulisan ini, marilah kita mendefinisikan kekuatan sebagai kemampuan dalam mewujudakan sesuatu. Kebanyakan dari kita pasti telah memahami bahwa manusia terlahir dengan kekuatan yang berbeda, namun sedikit yang memahami bahwa kekuatan dapat ditingkatkan.
Secara etimologi, kekuatan yang Anda miliki dalam bentuk mentahnya disebut potensi, juga dikenal sebagai kapasitas. Potensi adalah sumber kekuatan Anda. Berasal dari Bahasa Inggris, potensi berasal dari kata “potensial” yang berasal dari kata Latin “potentia”, yang berarti “kekuatan”. Dengan demikian, kekuatan meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan Anda. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kekuatan Anda sebagai pemimpin:

1.    Tingkatkan pengetahuan dan kompetensi Anda
Pengetahuan yang disertai dengan keterampilan, akan membantu Anda memecahkan masalah bagi orang lain. Tentu, hal ini akan membuat Anda menjadi sosok yang berpengaruh. Untuk meningkatkannya, Anda membutuhkan pengetahuan dan kompetensi, yang merupakan investasi bagi diri Anda pribadi. Hal ini  dapat membantu Anda, meningkatkan kapasitas dalam mewujudkan sesuatu. Di samping itu, Anda akan menjadi ahli yang memerliki otoritas. Ya, otoritas memberikan pengaruh dan pengaruh memberi Anda kekuatan.
2.      Maksimalkan kekuatan yang Anda miliki saat ini.
Sudahkah Anda mencapai semua yang mungkin Anda lakukan pada level ini? Jika Anda merasa banyak yang belum dilakukan, cobalah untuk terus berusaha dan setia dalam mempraktikkan keunggulan Anda. Ketika kapasitas telah penuh, Anda akan merasa bahwa hal-hal yang Anda lakukan tidak lagi terasa menantang. Sebagaimana tanaman membutuhkan pot yang lebih besar saat bertumbuh, begitu pula yang semestinya Anda alami. Jangan memaksa peningkatan pada hal yang bahkan pada saat ini saja belum Anda manfaatkan sepenuhnya.
3.      Tuntut lebih banyak pada diri sendiri.
Stagnasi biasa terjadi saat Anda tidak menuntut lebih banyak dari diri sendiri. Kekuatan hanya dapat ditingkatkan apabila Anda memberi ruang untuk itu. Menuntut lebih banyak hal dari diri sendiri, memastikan bahwa Anda akan memperluas kapasitas untuk menerima kekuatan yang Anda butuhkan pada level berikutnya. Secara konsisten mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman, akan memperluas kemampuan Anda untuk berbuat lebih. Peningkatan kekuatan memungkinkan Anda untuk melakukan apa-apa yang dulu tidak mungkin Anda lakukan.
4.      Manfaatkan pengaruh Anda terhadap orang lain secara positif.
Pemimpin yang kuat memiliki kemampuan untuk memengaruhi, membimbing, dan mendorong orang lain. Efektivitas Anda dalam melakukan hal-hal ini, akan memengaruhi ukuran kekuatan Anda. Menyalahgunakan kekuatan yang Anda miliki, merupakan sebuah indikator bahwa Anda tidak siap tidak siap untuk memiliki lebih dari itu.
5.      Latih kekuatan Anda
Kekuatan adalah kemampuan untuk mewujudkan sesuatu. Maka dari itum untuk melatihnya Anda harus memiliki niat untuk mewujudkan hal tertentu. Sebagai manusia, kita tidak dapat sekadar berpangku tangan mengharapkan hal baik akan terjadi. Kekuaran muncul saat Anda menuntutnya. Gunakan secara bijak dan baik apa pun yang Anda miliki saat ini. Jika hal ini benar telah Anda manfaatkan, akan ada lebih banyak kekuatan yang tersedia.
Di dunia ini, kekuatan memang lah diperlukan. Tanpanya, tidak ada yang dapat menyelesaikan apa pun di dunia ini. Semakin banyak kekuatan yang Anda miliki, maka, akan semakin banyak pula hal baik yang dapat Anda capai. Namun ingat, dengan kekuatan datang tanggung jawab. Anda memerlukan karakter yang kuat untuk mempertanggungjawabkannya.
Apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki lebih banyak kekuatan? Bagaimana kiranya anda melakukan hal ini? Sedikit bocoran dari kami, mengikuti pelatihan sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan kompetensi dapat menambah kekuatan Anda.
Ingin tahu bagaimana hal ini terjadi? Simak ulasan berikut.

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat