Sertifikasi CRISC, Apakah Layak Digunakan?

Pada tahun 2010, ISACA menetapkan sertifikasi profesi baru terkait dengan risiko bidang Teknologi Informasi (TI). Sertifikasi itu yang dinamakan dengan Sertifikasi Certified in Risk and Information System ControlĀ  (Sertifikasi CRISC).

Bagi seorang berprofesi di bidang TI, memiliki sertifikasi ISACA menjadi tujuan utama dalam perjalanan karirnya. Alasannya, dengan rekognisi dari ISACA tersebut, seseorang akan diakui memiliki pengetahuan dan ahli dalam bidang teknologi secara global.

Nah, tahukah kamu apa itu sertifikasi CRISC?. Untuk memahaminya, simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu Sertifikasi CRISC?

Certified in Risk and Information System Control (CRISC) adalah sertifikasi yang menunjukkan kemampuan para pemegangnya dalam melakukan identifikasi risiko sekaligus mengevaluasi Teknologi Informasi. Sertifikasi ini dimiliki oleh profesional di bidang bisnis dan Teknologi Informasi.

Sertifikasi ini dikembangkan, dipelihara dan diuji oleh ISACA. CRISC dirancang untuk individu dalam membantu bisnis mengimplementasikan kontrol sistem informasi dan mengurangi risiko bisnis.

Profesional yang memiliki sertifikasi ini bertugas melakukan identifikasi dan mengelola risiko melalui pengembangan, penerapan, dan pemeliharaan sistem informasi untuk membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuan bisnis.

Contohnya, merancang operasi yang efektif dan efisien, pelaporan keuangan yang dapat diandalkan, serta kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan perundang-undangan -undangan di Indonesia.

Untuk memenuhi syarat sertifikasi, seorang individu harus lulus ujianĀ  dan memiliki pengalaman setidaknya lima tahun dalam manajemen risiko TI.

Fokus Sertifikasi CRISC

Sertifikasi ini diberikan kepada TI profesional yang bertugas mengidentifikasi dan mengelola risiko lewat pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem informasi untuk menggapai visi misi bisnis.

SertifikasiĀ CRISCĀ berfokus pada:

  1. Identifikasi, penghakiman, serta risiko evaluasi
  2. Risiko tanggapan
  3. Pemantauan risiko
  4. Desain dan implementasi pengendalian sistem informasi
  5. Pemantauan dan pemeliharaan pengendalian sistem informasi

Manfaat Memiliki Sertifikasi CRISC

Bagi Anda memiliki sertifikat CRISC bisa membantu perusahaan agar memahami risiko bisnis, dan memiliki pengetahuan teknis untuk melaksanakan kontrol IT.

Simak manfaat memiliki sertifikasi CRISC sebagai berikut:

  1. Sebagai Tanda Keahlian

Memiliki sertifikasi ini menjadi tanda bahwa Anda memiliki ilmu pengetahuan dan keahlian sebagai seorang profesional.

  1. Meningkatkan Kualitas Nilai Anda

Nilai Anda akan meningkat bagi organisasi karena memiliki keahlian mengelola risiko TI dengan cara profesional.

  1. Memberi Keuntungan Kompetitif

Sertifikasi CRISC memberi keuntungan yang kompetitif atas untuk meningkatkan pertumbuhan pekerjaan dan bisnis.

  1. Akses Lebih Luas

Memberi Anda akses ke komunitas global ISACA, sehingga bisa mendapatkan pengetahuan dan pemikiran yang paling up-to-date pada manajemen risiko TI

Baca juga:

  1. Standar Profesional

Sertifikasi ini membantu Anda mencapai standar profesional yang tinggi melalui persyaratan ISACA untuk melanjutkan pendidikan dan perilaku yang etis.

Itulah pembahasan dan penjelasan tentang apa itu arti dari Certified In Risk and Information Systems Control. Diharapkan lewat artikel yang dibagikan ini bisa bermanfaat serta dapat menambah wawasan Anda.

Rate this post

Bagikan:

[yikes-mailchimp form=”2″]

× Apa yang bisa kami bantu?