Saat Rumah Sakit Terjangkit Ransomware: Kembali Ke Zaman Kertas

Sebuah rumah sakit di Hollywood, Amerika Serikat, menjadi korban serangan dedemit maya dan dijadikan ‘tahanan’ alias terkena ransomware.

Hollywood Presbyterian Medical Center adalah nama rumah sakit itu, yang sistem komputernya sudah offline selama seminggu ke belakang akibat serangan cyber tersebut.

Pelaku penyerangan mengunci sejumlah data milik rumah sakit dan meminta uang tebusan sebanyak USD 3,4 juta untuk membuka data tersebut, dikutip dari BBC, Selasa (16/2/2016).

Akibatnya, kini operasional di rumah sakit itu kembali ke zaman kertas, karena sistem komputernya tak bisa digunakan. Hal ini disebut membuat frustrasi para staf rumah sakit.

Para pasien pun terkena imbasnya, karena setiap hasil tes kesehatan yang dilakukan di rumah sakit itu harus diambil secara personal, padahal biasanya hasil tes tersebut akan dikirimkan menggunakan email.

Pihak rumah sakit sudah mengakui adanya serangan tersebut, namun belum berkomentar soal uang tebusan yang diminta oleh si penyerang. Mereka hanya memastikan bahwa si hacker belum mengakses informasi personal milik pasien rumah sakit tersebut.

Menurut mereka pun serangan ini dilakukan secara acak, bukan sengaja dilakukan untuk menyerang Hollywood Presbyterian Medical Center. Sementara investigasi untuk menemukan si penyerang saat ini dilakukan oleh para ahli forensik komputer, FBI dan Polisi Los Angeles.

Sumber berita: inet.detik.com
Sumber foto: 1.bp.blogspot.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?