Sertifikasi Auditor CISA Manfaatnya Dalam Dunia Kerja

Sertifikasi Auditor CISA – Salah satu bentuk pengakuan mengenai keprofesionalan di kalangan para auditor TI adalah diperolehnya CISA (Certified Information System Auditor). Untuk mencapai itu seseorang harus sudah memenuhi persyaratan pengalaman praktik yang memadai dan lulus dalam ujian sertifikasi.

Para penyandang Sertifikasi Auditor CISA, memiliki nilai tambah tersendiri, antara lain adanya pengakuan global. Sejak 1978, gelar CISA telah diakui hampir di seluruh dunia sebagai suatu bentuk pencapaian prestasi tersendiri dan menunjukkan kualifikasi tertentu sebagai seorang auditor TI atau auditor SI (sistem informasi). Saat ini, lebih dari 30,000 profesional di seluruh dunia, telah berhasil meraih gelar ini ( Indonesia memiliki sekitar 40-an CISA). Perusahaan-Perusahaan mulai memberi credit point khusus bagi mereka yang berhasil meraih CISA.

Beberapa manfaat Sertifikasi Auditor CISA yang bisa didapatkan antara lain :

  • Kesempatan untuk bekerja di mana saja di dunia karena sertifikasi ini diakui secara internasional
  • Kesamaan ‘bahasa’ dalam membahas atau menganalisa suatu topik karena pemegang sertifikasi telah mempelajari pengetahuan di area yang sama
  • Keharusan untuk terus mengupdate pengetahuan terbaru
  • Menaikkan kompetensi dan citra perusahaan yang memiliki pegawai bersertifikat
  • Menjamin reputasi positif sebagai profesional audit, kontrol, penjaminan dan keamanan sistem informasi karena pemegang sertifikat CISA dihargai sebagai profesional auditor sistem informasi yang memiliki kualifikasi tinggi.
  • Karena program CISA diberikan bagi mereka yang telah teruji memiliki ketraimpilan terkini yang dibutuhkan, maka pemegang Sertifikasi Auditor CISA juga lebih lebih diperhitungkan oleh perusahaan dalam merekrut tenaga audit sistem informasi. Hal ini antara lain terlihat dari hasil survei yang dikeluarkan oleh ISACA pada tahun 2001 bahwa sebanyak 71 persen pemegang sertifikat CISA percaya bahwa karir mereka mengalami peningkatan karena memiliki sertifikat tersebut.
  • Walaupun sertifikasi mungkin tidak wajib untuk Anda saat ini, saat ini terjadi tren peningkatan jumlah organisasi yang mempersyaratkan atau merekomendasikan pekerja agar tersertifikasi. Untuk membantu menjamin keberhasilan di pasar global, merupakan hal yang penting untuk memilih program sertifikasi berdasarkan praktek teknik yang diterima secara umum. CISA diakui di seluruh dunia, oleh seluruh industri, sebagai sertifikasi untuk profesional audit, kontrol, penjaminan dan keamanan sistem informasi.

Baca Juga

Mengapa Pengusaha Sewa seseorang yang memiliki sertifikat CISA?

Dengan meningkatnya permintaan perusahaan untuk memiliki seseorang yang terampil dalam IT audit, kontrol dan keamanan, CISA telah menjadi program sertifikasi yang disukai oleh individu dan organisasi di seluruh dunia.

Karyawan yang memiliki CISA memiliki kriteria:

  1. Sangat berkualitas, profesional yang berpengalaman
  2. Menyediakan perusahaan dengan sertifikasi untuk jaminan TI yang diakui oleh klien multinasional, pinjaman kredibilitas perusahaan
  3. Merupakan indikator yang sangat baik dari kemahiran dalam kontrol teknologi
  4. Menunjukkan kemampuan dalam lima domain, termasuk standar dan praktek; organisasi dan manajemen; proses; integritas, kerahasiaan dan ketersediaan; dan pengembangan perangkat lunak, akuisisi dan pemeliharaan
  5. Menunjukkan komitmen untuk menyediakan perusahaan dengan kepercayaan dan nilai dari sistem informasi Anda
  6. Menjaga pengembangan profesional berkelanjutan untuk sukses kinerja on-the-job.

ITGID merupakan lembaga pengembangan bidang teknologi informasi. ITGID (Member Of Proxsis Consulting Group) telah menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan ISACA Certification Review Course 2016, antara Proxsis dengan ISACA Chapter Indonesia. Materi dan trainer khusus training ISACA adalah resmi dari ISACA.

IT Governance Indonesia ( ITGID ) merupakan lembaga pengembangan bidang teknologi informasi. Untuk informasi Training CISA dapat lihat di: https://itgid.org/training/

Untuk info training dan silabus bisa Anda dapatkan di laman berikut.

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat