10 Alasan untuk Mengikuti Training TOGAF

Apa itu TOGAF?

TOGAF (The Open Group Architecture Framework) adalah metode pengembangan yang digunakan oleh perusahaan untuk merencanakan dan merancang arsitektur TI. TOGAF versi pertama dibangun pada tahun 1995 berdasarkan kerangka arsitektur teknis yang dirancang oleh kementerian pertahanan Amerika (Department of Defense). Tak lama, kerangka kerja tersebut diserahkan kepada The Open Group Institute, yang kemudian menanganinya hingga saat ini.

TOGAF digunakan untuk membantu organisasi merancang infrastruktur TI yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di sini lah peranan TOGAF professional diperlukan. Ahli TOGAF akan merancang dan mengimplementasikan strategi IT yang cepat dan efektif serta mengomunikasikannya dengan berbagai kepala departemen.

Mengapa menggunakan TOGAF?

TOGAF menggunakan pendekatan tingkat tinggi terhadap kerangka kerja yang digunakan perusahaan untuk merencanakan, merancang, mengimplementasikan, dan mengelola Enterprise Architecture. Enterprise Architecture dibagi menjadi empat domain yang berbeda (data, teknologi, aplikasi, dan bisnis) dan sangat bergantung pada standar produk dan teknologi yang ada.

Organisasi yang menerapkan atau merencanakan pengimplementasian infrastruktur teknis utuh (enterprise-wide) untuk mendukung penerapan misi penting  perusahaan menggunakan open system building blocks akan mendapatkan manfaat dar penggunaan TOGAF. Professional yang merancang dan mengimplementasikan arsitektur menggunakan prinsip-prinsip TOGAF akan menikmati spesifikasi desain dan pengadaan yang membantu memfasilitasi implementasi open system sekaligus mengurangi risiko yang ada. Pelatihan dan sertifikasi TOGAF juga menguntungkan bagi Anda yang tertarik untuk bekerja pada proyek IoT.

Apa yang dilakukan oleh Profesional TOGAF?

Sebagai seorang profesional TOGAF, Anda akan bertindak sebagai “penyederhana” yang dapat mendemistifikasi proses teknis yang rumit. Pengembang dan pemimpin teknis akan sangat terbantu dengan TOGAF dalam menguasai prinsip-prinsip enterprise architecture dan memastikan jalur karier ke posisi yang lebih atas.

Enterprise Architects, atau EA, mengembangkan strategi TI organisasi jangka panjang — yang mendukung strategi bisnis secara keseluruhan. Mereka menciptakan teknologi dan peta pengaplikasian untuk membimbing dan mengarahkan organisasi – berdasarkan standar infrastruktur teknologi TOGAF. EA bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua aspek dari aliran teknologi jelas dan bahwa TI dan proses yang didukung TI berjalan dengan lancar dari awal hingga selesai.

Sebagaimana umumnya berkerja pada program transformasi diberbagai bidang, mengelola pertemuan dan proyek, pekerjaannya ini juga meliputi:

  • Strategi Arsitektur: semua aspek dari strategi arsitektur TI, termasuk menentukan keadaan saat ini, transisi, dan jalur yang diinginkan untuk strategi tersebut.
  • Architecture Review Boards: pertemuan berkala para pemangku kepentingan yang membahas dan menyetujui perubahan arsitektur saat ini.
  • Manajemen Portofolio: ini berkaitan dengan kesehatan dan status infrastruktur TI.
  • Komite Tata Kelola: komite pemangku kepentingan yang membuat keputusan tentang standar yang digunakan, kebijakan, dan protokol, khususnya tentang keamanan dan persyaratan yang dibutuhkan.
  • Technology Lifecycles: menentukan bagaimana perubahan dan pemversian akan diterapkan untuk berbagai teknologi yang digunakan oleh organisasi.

Singkatnya, para Profesional TOGAF memastikan ada keselarasan antara cita-cita dan tujuan organisasi serta aspek-aspek teknologi informasi. Sering dianggap sebagai peran manajemen strategis, profesional TOGAF banyak dicari, terutama oleh organisasi-organisasi besar. Selain itu, mereka yang tertarik untuk mengerjakan proyek IoT juga dapat mengambil manfaat dari pelatihan dan sertifikasi TOGAF.

Mengapa mengikuti training TOGAF?

Kami telah mengumpulkan 10 alasan untuk mengikuti training TOGAF:

  1. Permintaan tinggi untuk enterprise architects

Sebagaimana teknologi dan arsitektur TI menjadi semakin terintegrasi dalam suksesnya suatu organisasi, perusahaan maju umumnya menggunakan TOGAF untuk merencanakan arsitektur bisnis perusahaan mereka, baik dikelola dalam jangka panjang atau pun jangka pendek.

  1. Memahami bahasa yang umum digunakan

Profesional TOGAF berbagi pengetahuan dan keahlian umum yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan bisnis dengan lebih baik. Bekerja sebagai profesional TOGAF membutuhkan banyak komunikasi. Anda merencanakan dan menerapkan lingkungan TI untuk organisasi Anda, yang mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan profesional lain. Anda belajar berbicara bahasa yang umum untuk semua profesional di bidang Anda. Ini membuat kolaborasi menjadi mudah dan memungkinkan semua orang bergabung dengan ide-ide Anda.

  1. Pendekatan Bertahap

Ujian arsitektur enterprise ini memiliki dua level — Foundation dan Certified. Pendekatan ini memungkinkan para profesional untuk mempelajari dasar-dasar dan membangun pengetahuan itu ketika Anda menjadi ahli.

  1. Tingkatkan gaji dan karier Anda –

PayScale menunjukkan bahwa rata-rata gaji di AS untuk profesional bersertifikat TOGAF mulai dari lebih dari $ 80.000.

  1. Peluang Baru

Perusahaan besar seperti bank, rumah sakit, dan industri lain akan mempercayai keterampilan Anda dan melihat Anda untuk menyelesaikan masalah manajemen perusahaan mereka. Perusahaan besar mempercayai sertifikasi. Alasan sederhana untuk standardisasi ini.

  1. Memenuhi Kebutuhan Perusahaan Anda dengan Lebih Baik

Sebagian besar organisasi mencari cara untuk melakukan yang terbaik dengan waktu dan upaya yang paling sedikit. Prinsip ini adalah fokus TOGAF. Training TOGAF melatih Anda tentang cara melakukan tugas dengan efisiensi. Pelatihan ini dapat mengurangi biaya perusahaan Anda dan meningkatkan margin keuntungannya.

  1. Meningkatkan Keterampilan Manajerial Anda

TOGAF memadukan aspek teknis dengan aspek manajemen TI dan sebagai hasilnya, merupakan batu loncatan yang hebat bagi seorang calon manajer. Para profesional TOGAF sering merancang infrastruktur TI dengan tetap memperhatikan segala hal, yang berarti bahwa Anda harus mempertimbangkan dan menimbang perspektif yang berbeda ketika mengimplementasikan suatu proyek. Pengalaman ini membuat Anda menjadi pendukung untuk peran manajemen.

  1. Validasi Keterampilan Anda

TOGAF adalah sertifikasi yang diakui. Seiring arsitektur perusahaan berjalan, ada beberapa sertifikasi lain yang memiliki pegangan yang sama dengan TOGAF. Sertifikasi TOGAF adalah tanda kepercayaan. Perusahaan mempercayai keahlian dan pengetahuan Anda ketika telah divalidasi oleh sertifikasi TOGAF.

  1. Peluang Berjejaring

Seperti halnya dengan semua sertifikasi, mendapatkan sertifikasi TOGAF berarti Anda dapat bertemu dengan profesional lain di bidang yang sama. Anda dapat mengembangkan kontak, memahami tren baru di industri, dan berbagi ide yang dapat meningkatkan prinsip-prinsip TOGAF.

  1. Tidak Ada Prasyarat untuk Mengikuti Kursus

Tidak seperti yang lain, TOGAF tidak memiliki persyaratan untuk mengambil sertifikasi. Akibatnya, para profesional yang mencari untuk memulai karir di bidang arsitektur TI akan merasa mudah untuk melakukannya setelah mendapatkan sertifikasi.

Rincian Sertifikasi dan Ujian TOGAF

  • Tidak ada prasyarat untuk mengikuti kursus TOGAF 9 Level 1 (Fondation). Siapa pun dapat mengambilnya.
  • Ujian TOGAF 9 Level 2 mengharuskan Anda untuk menyelesaikan Level 1 terlebih dahulu sebelum memulainya.
  • Jika Anda gagal dalam ujian, Anda dapat mengulangnya setelah 30 hari. Namun, Anda hanya diperbolehkan mencobanya 3 kali dalam setiap tahun.
  • Sertifikasi TOGAF 9 untuk individu tidak memiliki pembaruan.

Training TOGAF

ITG.ID meneyediakan Training TOGAF untuk Anda, IT Professional yang ingin megembangkan pengetahuan dan wawasan. Pelatihan ini dilakukan selama 4 hari dengan mengombinasikan Level 1 & Level 2. Trainer yang kami sediakan sudah berpengalaman

Baca Juga :

IT Governance Indonesia

Mengenal TOGAF Framework

Apa Keuntungan Dari TOGAF?

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?